Dark/Light Mode

Meriahnya Pentas Drama Musikal Sahabat Anak Indonesia

Jumat, 17 Mei 2024 18:40 WIB
Meriahnya Pentas Drama Musikal Sahabat Anak Indonesia

RM.id  Rakyat Merdeka - Pentas drama musikal Sahabat Anak Indonesia berlangsung meriah di The Ice Palace, Kuningan, Jakarta pada Jumat (17/5). Acara ini merupakan bagian dari program Kita Cinta Lagu Anak (KILA) 2024 dari Kemendikbud Ristek yang telah memasuki tahun ke-5. Acara dihadiri oleh ratusan murid serta guru PAUD dan SD se-Jadetabek.

Para penonton antusias menyaksikan penampilan para Duta KILA, yaitu para juara lomba menyanyi KILA sejak 2020. Di antara mereka adalah Zhafira Krissandria (Madiun), Rachel Aurellia (Jakarta), Dorrein Isabella (Depok), Dua Saka (Madiun), Theodore Manuel (Tangerang Selatan), dan Shabiyya Bilqis (Sidoarjo). Dengan penuh keceriaan dan kepolosan, mereka melantunkan satu lagu tema dan 15 lagu baru KILA, termasuk "Kita Pasti Bisa", "Kereta Api Lewat", dan "Karena Kita Sahabat".

Penampilan anak-anak tersebut diiringi oleh sanggar tari Fantasia Indonesia, dengan dukungan dari Maureen R Tauhatu (Koordinator Komunikasi), Tanti Hudoro (Vocal Director), Alfa Agustiar (Pembuat Aransemen Musik), dan Dino Kristianto (Penata Musik dan Vokal).

Baca juga : Bertemu Dubes Arab, Bamsoet Apresiasi Penambahan Kuota Haji Indonesia

Menurut Ketua Tim Kerja Apresiasi dan Literasi Musik Kemendikbud Ristek, Edi Irawan, KILA telah menghasilkan 16 lagu baru hingga tahun ini dan telah mengunjungi banyak kota di Indonesia. 

"Musik dan penyanyi anaknya serba baru. Ini upaya membangun ekosistem musik. Ini bukan hanya tugas pemerintah, tapi juga orang tua yang mendampingi anak-anak," kata Edi, dalam keterangan tertulis, Jumat (17/5). 

Edi juga menambahkan setelah beberapa kota, baru kali ini KILA sosialisasi di sekolah-sekolah Jakarta. "Puncaknya nanti saat Hari Anak. Anak-anak ini (Duta KILA) nggak kalah, malah lebih keren dari kontes-kontes idol. Kita sudah lama kehilangan para idola cilik," ungkapnya. 

Baca juga : Presiden Ambil Sumpah 7 Jabatan Anggota LPSK Di Istana

Sosialisasi untuk para guru dilakukan oleh tim KILA di Gedung Kemendikbud Ristek pada Selasa (14/5), sementara untuk siswa, dilaksanakan di belasan sekolah TK dan SD di wilayah Jadetabek.

Tahun sebelumnya, KILA melombakan dua kategori: lomba menyanyi lagu anak untuk kelompok usia 5-7 tahun dan 8-13 tahun. Tahun ini, KILA hadir dengan lima kategori lomba, yaitu lomba menyanyi lagu anak untuk kelompok usia 5-7 tahun, lomba menyanyi lagu anak untuk kelompok usia 8-13 tahun, lomba cipta lagu anak untuk usia 5-7 tahun, lomba cipta lagu anak untuk usia 8-13 tahun, dan lomba aransemen lagu anak daerah. 

Pendaftaran KILA berlangsung dari 9 Maret hingga 31 Mei 2024. Program ini tidak berbayar, dan registrasi serta persyaratan pendaftaran peserta dapat dilihat pada akun media sosial KILA.

Baca juga : Menyala, Semangat Jemaah Lansia Asal Surabaya Menunaikan Ibadah Haji

Setelah Surabaya, Solo, Denpasar, dan Jakarta, sosialisasi dan pentas musik KILA 2024 akan ditutup di Palembang pada 20-24 Mei mendatang.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.