Dark/Light Mode

Serang Jurnalis Dan Rakyat Palestina

Perusuh Yahudi Di Al Aqsa Dikecam Indonesia Dan Saudi

Sabtu, 8 Juni 2024 06:20 WIB
Anak muda Israel menyerang jurnalis Palestina Saif Kwasmi dalam Flag March, di Kota Tua, Al-Aqsa, 5 Juni 2024. Pawai Bendera ini untuk memperingati perebutan sektor timur kota itu oleh tentara Israel dalam perang Arab-Israel pada 1967. FOTO AFP
Anak muda Israel menyerang jurnalis Palestina Saif Kwasmi dalam Flag March, di Kota Tua, Al-Aqsa, 5 Juni 2024. Pawai Bendera ini untuk memperingati perebutan sektor timur kota itu oleh tentara Israel dalam perang Arab-Israel pada 1967. FOTO AFP

 Sebelumnya 
Mengibarkan bendera dan meneriakkan slogan-slogan anti- Saudi, ratusan warga Israel berbaris menyusuri Kota Tua Yerusalem timur yang dianeksasi, Rabu (5/6/2024). Pawai Bendera ini untuk memperingati perebutan sektor timur kota itu oleh tentara Israel dalam perang Arab-Israel pada 1967.

Sektor timur Yerusalem merupakan lokasi kompleks Masjid Al Aqsa. Situs suci ketiga umat Islam, yang orang Yahudi menyebutnya Bukit Bait Suci.

Baca juga : Anaknya SYL Diperiksa KPK

Sejumlah warga Palestina termasuk wartawan dikabarkan terluka setelah diserang gerombolan warga Israel yang menyerbu Kompleks Al Aqsa di Yerusalem, Rabu (5/6/2024).

Hampir 1.000 warga Israel mengibarkan bendera dan meneriakkan slogan-slogan anti Palestina selama pawai tersebut. Warga Israel juga dilaporkan menyerang toko-toko milik warga Palestina dan mendesak mereka menutup toko.

Baca juga : Wendy Walters, Mantan Suami Curhat Nyaris Bunuh Diri

Palestina menuduh Israel mengintensifkan upaya Yahudisasi Yerusalem Timur, termasuk Masjid Al Aqsa. Bukan hanya itu, Israel ingin menghapus identitas Arab dan Islam pada Al Aqsa.

Otoritas Islam Palestina berpegang teguh pada keputusan bahwa Yerusalem Timur akan menjadi ibu kota negara di masa depan. Hukum internasional tidak mengakui pendudukan Israel atas kota tersebut pada 1967, termasuk pencaplokannya pada 1981. DAY

Baca juga : Jokowi Tugasi Prabowo Bahas Gaza Di Yordania

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 14, edisi Sabtu, 8 Juni 2024 dengan judul "Serang Jurnalis Dan Rakyat Palestina, Perusuh Yahudi Di Al Aqsa Dikecam Indonesia Dan Saudi"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.