Dark/Light Mode

Mahasiswa Thailand Antusias Belajar Budaya Gondang Batak Di Bangkok

Selasa, 25 Juni 2024 17:36 WIB
Tarian Gondang Batak di Indonesian Festival (Indofest) ke-7 di Bangkok , Senin (24/6)
Tarian Gondang Batak di Indonesian Festival (Indofest) ke-7 di Bangkok , Senin (24/6)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebagai bagian dari kegiatan Indonesian Festival (Indofest) ke-7 yang telah dimulai di Universitas Khon Kaen, KBRI Bangkok, melanjutkan gelaran Indofest 2024 di Bangkok. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 23-24 Juni 2024. 

Di hari pertama, KBRI Bangkok secara khusus mendatangkan Gondang Orchestra dari Indonesia secara langsung untuk mengajarkan budaya dan kesenian Batak tersebut. 

Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 60 orang mahasiswa, yang tidak hanya berasal dari beberapa perguruan tinggi di Bangkok, tetapi diikuti juga oleh mahasiswa dari Sukhothai College of Dramatic Arts, yang berjarak 430 km dari Bangkok. Mereka rela menempuh perjalanan selama lima jam untuk mendapatkan ilmu baru mengenai kebudayaan dan kesenian Batak. 

Sedangkan mahasiswa lainnya berasal dari beberapa universitas di Bangkok yaitu Universitas Chulalongkorn, Universitas Phranakhorn Rajabhat, Universitas Mahidol, dan Universitas Thammasat. 

Baca juga : Kejuaraan Asia, Amin Berharap Sambo Harumkan Nama Jakarta Di Macao

Selain itu, terdapat juga beberapa mahasiwa asal Singapura, yang sedang mengikuti program budaya di Bangkok dan ikut serta pada kegiatan Indofest 2024 tersebut. 

Sementara itu, mahasiswa Chulalongkorn yang tergabung ke dalam Ekathan Longdrums Essemble juga mengajarkan tim Gondang Orchestra cara memaikan alat musik gendang Thailand, Klongyao. Selama kurang lebih tiga jam, mereka sama-sama bertukar ilmu dan pengetahuan mengenai kesenian dari masing-masing negara. 

Pada hari ke-2, mahasiswa Thailand dan Singapura, yang telah mengikuti workshop di KBRI Bangkok diberikan kesempatan untuk menampilkan Tari Tor Tor dengan diiringi alat musik Gondang Batak yang dibawakan oleh mahasiswa Thailand di Music Hall, Universitas Chulalongkorn. Penampilan tersebut disaksikan oleh sekitar 100 orang penonton. 

Duta Besar LBBP RI untuk Kerajaan Thailand merangkap UN-ESCAP, Rachmat Budiman, dan pejabat terkait di Universitas Chulalongkorn turut menyaksikan pertunjukan tersebut. Meskipun belajar secara singkat, penampilan mereka diapresiasi oleh instruktur dari Gondang Orchestra yang mengakui kecepatan mereka dalam menangkap gerakan Tari Tor Tor dan alunan musik Gondang Batak. 

Baca juga : Belajar Bahasa Sunda Ke Ayah

Duta Besar Rachmat Budiman dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Universitas Chulalongkorn dan Absolutely Thai Kansadeng Wathanatham Co., Ltd. atas kerja sama yang telah terjalin baik selama ini, termasuk dalam penyelenggarakan Indofest 2024 seri ke-2 di Bangkok. 

Apresiasi juga disampaikan kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI yang telah mendukung upaya promosi kebudayaan Indonesia di Thailand melalui tim Gondang Orchestra. 

“Kegiatan ini merupakan upaya untuk memperkuat people-to-people contact antara Indonesia dengan Thailand dan menumbuhkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai kekayaan budaya kedua negara. Kegiatan ini sekaligus bertujuan untuk meningkatkan kesadaran publik Thailand, khususnya kalangan mahasiswa mengenai peringatan ke-75 hubungan diplomatik Indonesia dengan Thailand di tahun 2025 mendatang,” ungkap Duta Besar dalam keterangannya, Selasa (25/6). 

Sementara itu, Acting Assistant to the President of Art and Culture Universitas Chulalongkorn, Ass. Prof Dr Vitchatalum Laovanich menyampaikan apresiasi kepada KBRI Bangkok atas kepercayaan dan kerja sama yang telah terjalin antara KBRI Bangkok dengan Universitas Chulalongkorn selama ini. 

Baca juga : Dubes RI Untuk Jepang Heri Akhmadi Gelar Pameran Budaya Dan Sejarah Batanghari

Di akhir sesi, penonton yang terdiri dari pelajar dan mahasiswa dari berbagai sekolah dan universitas di sekitar Bangkok, serta para lansia anggota pelajar angklung di Rumah Sakit Chulalongkorn, berkesempatan menyaksikan penampilan musik gondang dari Gondang Orchestra. 

Duta Besar RI secara spontan juga ikut berkolaborasi dengan Gondang Orchestra dengan membawakan beberapa lagu Batak dan mengajak para penonton turun ke depan panggung untuk menari Tor Tor bersama.   

Kegiatan Indofest 2024 seri ke-2 diselenggarakan oleh KBRI Bangkok atas kerja sama dengan Universitas Chulalongkorn dan Absolutely Thai Kansadeng Wathanatham Co., Ltd yang dipimpin oleh Dr. Paphutsorn Wongranapitak, seorang Indonesianis di Thailand
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.