Dark/Light Mode

Mahasiswa S2 SPS Unhan Sosialisasi Bela Negara Di SMAN 8 Jakarta

Kamis, 13 Juni 2024 22:26 WIB
Mahasiswa Magister (S2) Program Studi (Prodi) Strategi Perang Semesta Universitas Pertahanan Republik Indonesia (Unhan RI) melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di SMA Negeri 8 Jakarta, Kamis (13/6/2024). Foto: Istimewa
Mahasiswa Magister (S2) Program Studi (Prodi) Strategi Perang Semesta Universitas Pertahanan Republik Indonesia (Unhan RI) melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di SMA Negeri 8 Jakarta, Kamis (13/6/2024). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Mahasiswa Magister (S2) Program Studi (Prodi) Strategi Perang Semesta Universitas Pertahanan Republik Indonesia (Unhan RI) melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di SMA Negeri 8 Jakarta, Kamis (13/6/2024).

Selain mengenalkan Unhan, kegiatan ini juga menyosialisasikan bela negara kepada para siswa. "Materi yang kita berikan adalah materi bela negara, harapannya, bela negara ini sudah kita sampaikan sejak awal kepada genarasi-generasi yang dapat membawa menuju Indonesia Emas 2045," kata Kepala Prodi SPS Unhan, Kolonel TNI Almuchalif Suryo, seusai kegiatan PKM di SMAN 8 Jakarta, Kamis (13/6/2024).

Suryo menjelaskan, kegiatan yang digelar di SMAN 8 Jakarta merupakan program pengabdian masyarakat. Program ini, implementasi dari Tri Darma Pendidikan. Yaitu, pengajaran pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Ketua Pelaksana PKM Prodi SPS Unhan, Imelda Berwanty Purba menyampaikan terima kasih karena telah diterima dengan baik oleh siswa maupun pimpinan SMAN 8 Jakarta. Dia senang, melihat antusiasme para siswa dalam bertanya maupun menjawab pertanyaan.

"Senang sekali antusiasme dari adik-adik dalam menjawab pertanyaan atau pun bertanya, dan pokoknya pembelajaran tadi bener-bener menyenangkan dan hidup dan mereka tertarik juga untuk bisa mengikut seleksi di S1-nya Unhan," katanya.

Baca juga : Ini Alasan Jokowi Gelar Upacara 17 Agustus Di IKN Dan Jakarta

Dia berharap, melalui kegiatan PKM ini, para siswa SMAN 8 Jakarta lebih memahami dan memiliki rasa cinta Tanah Air.

"Mereka menjadi tahu bahwa (cinta tanah air) itu bisa diaplikasikan tidak hanya lewat perang atau pakai senjata tapi juga dengan otak, dengan prestasi, dan dengan kepedulian terhadap isu-isu sosial yang ada," ujarnya.

Kepala SMAN 8 Jakarta, Mukhlis, mengapresiasi Prodi SPS Unhan yang telah memilih sekolahnya menjadi lokasi PKM.

Sebagai salah satu sekolah terbaik di DKI Jakarta, bahkan Indonesia, SMAN 8 Jakarta memiliki putra-putri terbaik yang bisa melanjutkan kepemimpinan di masa depan.

"Sebagai contoh saat ini Wamenhan (Letjen (Purn) Muhammad Herindra) adalah alumni SMA 8. Nah kami ingin juga nanti anak-anak yang kita didik di zaman ini bisa mengikuti jejak daripada Pak Wamenhan," kata Mukhlis.

Baca juga : Survei SMRC: Kang Emil Diprediksi Menang Mudah Di Jabar

Mukhlis berharap, kegiatan PKM Unhan terus berlanjut dengan mendesiminasikan program-program yang lain.

"Kalau saat ini adalah dari Program Studi Strategi Perang Semesta, Pascasarjana, kami ingin yang S1-nya. Karena S1 lebih membumi untuk kami gitu ya. Karena dari situ akan terlihat minat dari anak-anak kami, SMA 8 untuk masuk di sana, masuk di Unhan," katanya.

Sementara, salah satu pengurus OSIS SMA 8 Jakarta, Gusti Farmansyah mengaku mendapat banyak pengetahuan tentang Unhan RI, sehingga dirinya tertarik masuk kampus yang didirikan di masa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut.

Tidak hanya itu, kata Gusti, para siswa juga mendapatkan banyak materi dan bimbingan mengenai bela negara.

"Saya mendapatkan wiyata mandala mengenai Universitas Pertahanan, lalu tidak hanya itu, saya pun mendapatkan esensi dari bela negara itu sendiri," ucap siswa kelas XI ini.

Baca juga : Triyasa Propertindo Ikut Berkontribusi Revitalisasi Kota Tua Jakarta

Diketahui, kegiatan PKM ini mengambil tema "Cinta Tanah Air di Era Digital". Diikuti oleh 65 siswa yang merupakan pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan Majelis Perwakilan Kelas (MPK) SMAN 8 Jakarta.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Prodi SPS Unhan Kolonel TNI Almuchalif Suryo, perwakilan Unhan Kolonel TNI Heru Prasetyo, Kepala SMAN 8 Jakarta Mukhlis, Wakil Kepala SMAN 8 Gatot Handoko dan para mahasiswa S2 Prodi SPS Unhan. Kegiatan yang digelar di Auditorium SMAN 8 Jakarta berlangsung sangat seru.

Para siswa antusias mengikuti pemaparan mengenai program studi yang ada di Unhan, beasiswa, dan seleksi masuk universitas milik Kementerian Pertahanan tersebut. Para siswa juga semangat mengikuti tanya jawab tentang praktik bela negara dalam kehidupan sehari-hari.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.