Dark/Light Mode

Festival Kuliner Halal Indonesia Diserbu Warga Amerika

Kamis, 21 November 2019 12:42 WIB
Suasana festival kuliner halal Indonesia di San Francisco, yang ramai diserbu pengunjung. (Foto: Dok KJRI San Francisco)
Suasana festival kuliner halal Indonesia di San Francisco, yang ramai diserbu pengunjung. (Foto: Dok KJRI San Francisco)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ratusan warga Amerika Serikat menyerbu stand-stand masakan halal Indonesia di Festival Kuliner Halal di San Francisco Bay Area. Festival kuliner bertajuk Indo Feast ini merupakan yang pertama kali digelar di Kota San Jose Amerika Serikat, tepatnya di South Bay Islamic Center.

Festival kuliner halal yang diselenggarakan Indonesian Muslim Community San Francisco Bay Area (IMC-SFBA) ini berlangsung pada Minggu (17/11) dari pukul 12:00 - 16:00.

“Kami ingin memperkenalkan makanan tradisional Indonesia kepada masyarakat Amerika, termasuk yang muslim. Karena belum ada restoran Indonesia halal di wilayah di San Francisco Bay Area,” terang Ketua IMC-SFBA, M Yusuf Efendi, saat membuka kegiatan. 

Baca juga : Indonesia Menentang Amerika

Konsul Jenderal Indonesia di San Francisco, Simon D.I. Soekarno, juga menyampaikan rasa gembira dan berterima kasih kepada penyelenggara karena memperkenalkan keanekaragaman budaya Indonesia kepada masyarakat Amerika. “Kita berkumpul untuk merayakan keanekaragaman budaya Indonesia dengan kuliner halalnya, yang akan mempererat tali persahabatan Indonesia dan Amerika,” kata Simon. 

Masakan tradisional Indonesia yang asing namun lezat di lidah menggoda para warga lokal untuk mencicipi. Seperti nasi kapau, bakwan Malang, siomay Bandung, sate Padang, pempek Palembang dan lain-lain. “Kami beli makanan banyak sekali karena semua enak-enak, cukup untuk makan kami selama beberapa hari,” ujar warga Indonesia yang tinggal di Amerika Nani Thorstensen.

Bagi pengunjung diaspora Indonesia, Indo Feast Halal Festival bisa memuaskan rasa kangen akan makanan tradisional Indonesia yang otentik. “Enak semuanya, lebih otentik dibanding restoran Indonesia di US,” tukas Enie dari San Mateo. 

Baca juga : Festival Indonesia 2019 Sedot Perhatian Warga Australia

Untuk Hawk Tea yang keturunan Cambodia, lupis adalah salah satu kue favoritnya. “Di Cambodia juga ada makanan yang rasanya seperti ini dibungkus daun dan digantung tali,” ujarnya. 

Sedangkan bagi Aadhil yang berasal dari Srilanka, nasi kapau, martabak manis, siomay adalah kuliner favoritnya. “Tapi yang paling saya suka adalah bakso Malang yang pedas!” tukasnya. 

Banyak yang berharap Indo Feast mengadakan event yang sama dalam waktu dekat. “Saya akan datang ke event Indo Feast berikutnya, untuk melihat anak-anak ikut fashion show berpakaian tradisional Indonesia,” kata Amrina Rodino. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.