Dark/Light Mode

Sisihkan Aktivis HK Hingga Ketua DPR AS, TIME: Greta Thunberg Person of the Year

Kamis, 12 Desember 2019 21:11 WIB
Sisihkan Aktivis HK Hingga Ketua DPR AS, TIME: Greta Thunberg Person of the Year

RM.id  Rakyat Merdeka -  Majalah Time menobatkan Greta Thunberg, remaja aktivis yang peduli perubahan iklim sebagai Person of the Year kemarin, 11 Desember 2019. Thunberg menyisihkan puluhan orang dan organisasi termasuk para pengunjuk rasa di Hong Kong, Ketua parlemen Amerika Serikat Nancy Pelosi, dan Presiden AS Donald Trump.

"Dia telah berhasil menciptakan perubahan sikap global, mengubah jutaan kecemasan yang tersamar, di tengah malam menjadi gerakan di seluruh dunia yang menyerukan perubahan mendesak. Dia melakukan panggilan moral kepada mereka yang bersedia untuk bertindak, dan melemparkan rasa malu pada mereka yang tidak," terang Time mengenai alasan memilih Thunberg sebagai sosok tahun ini.

Baca juga : ASDP Diganjar Marketeers OMNI Brands of The Year 2019

Thunberg memulai gerakan globalnya dengan mengesampingkan sekolahnya pada Agustus 2018. Dia menghabiskan hari-harinya di depan gedung parlemen Swedia, memegang spanduk kertas hitam berlatar kata Skolstrejk för klimatet, atau Mogok Sekolah untuk Iklim.

Kepedulian Thunberg, remaja 16 tahun, mendapat perhatian Paus Fransiskus, keduanya lalu bertemu. Setelah itu dia berdebat dengan Presiden Donald Trump yang kemudian menginspirasi 4 juta orang untuk bergabung dengan mogok iklim global pada 20 September 2019. Ini demonstrasi terbesar yang mengangkat isu iklim dalam sejarah manusia.

Baca juga : Anies Terus Tingkatkan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Pemprov DKI Jakarta

Sejak itu, nama Thunberg menghiasi mural dan kostum Hallowen, namanya direkatkan dengan berbagai kegiatan. Greta Thunberg pun kemudian dibandingkan dengan tokoh perempuan paling berpengaruh di Kanada Margaret Atwood, budayawan dan pejuang lingkungan, serta tokoh perang Prancis, Joan of Arch.

Thunberg akan berulang tahun ke-17 pada Januari mendatang. Ia masih gencar berkampanye sampai saat ini, termasuk pada pekan lalu di Madrid. Sampai saat ini, Thunberg merupakan individu termuda sebagai Person of the Year dari majalah Time. Setiap tahun, majalah Time menetapkan seseorang, grup, pergerakan atau ide yang mempengaruhi banyak orang dalam jangka waktu 12 bulan.[MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.