Dark/Light Mode

Puji Indonesia

Al Gore: Ancaman Perubahan Iklim Tetap Harus Diwaspadai

Kamis, 12 Desember 2019 15:48 WIB
Al Gore saat pidatonya di Paviliun Indonesia di acara Konferensi perubahan iklim ke 25 di Madrid, Spanyol, kemarin.
Al Gore saat pidatonya di Paviliun Indonesia di acara Konferensi perubahan iklim ke 25 di Madrid, Spanyol, kemarin.

RM.id  Rakyat Merdeka - Dua tokoh dunia perubahan iklim hadir di Paviliun Indonesia. Mereka adalah Al Gore dan Nicholas Stern. 

Kedatangan mereka disambut sejumlah delegasi Indonesia dan negara lain. Dalam sambutannya, Al Gore mengajak para pengambil kebijakan dan masyarakat mengambil aksi nyata untuk mengurangi emisi gas rumah kaca yang menyebabkan perubahan iklim. 

Seruan itu dikatakan Al Gore dalam pidatonya di Paviliun Indonesia di acara Konferensi perubahan iklim ke 25 di Madrid, Spanyol, kemarin. 

Baca juga : Indonesia Bantah Ada Deforestasi Akibat Sawit

Dalam pidatonya, mantan Wapres Amerika Serikat itu memuji sejumlah aksi yang telah dilakukan Indonesia untuk mencegah perubahan iklim. Di antaranya, mempertahankan hutan alam primer, mencegah kebakaran hutan dan lahan, serta melakukan transisi ke energi bersih. 

“Indonesia menjadi contoh sebuah negara yang berusaha keras mengubah kebijakan dengan mengadopsi solusi-solusi untuk melaju ke arah yang lebih baik,” jelas Al Gore. 

Al Gore mengatakan, Indonesia sangat berkomitmen membantu menyelesaikan masalah krisis iklim.“Saya senang Indonesia sudah menerapkan moratorium untuk membatasi pembangunan kebun sawit dan lainnya. Pencapaian ini harus memberikan dampak positif untuk mengurangi emisi gas,” kata Al Gore. 

Baca juga : Indonesia Akan Terus Perjuangkan Penegakan HAM di Dunia

Untuk itu, Al Gore juga mengajak para pengambil kebijakan dan masyarakat mengambil aksi nyata untuk mengurangi emisi gas rumah kaca yang menyebabkan perubahan iklim. 

“Ingat, tahun depan sudah deadline untuk meningkatkan ambisi dalam implementasi Paris Agreement. 

Konferensi perubahan iklim ini harus bisa menyelesaikan semua pembahasan masalah dan menyepakati serta komit dengan apa yang akan dibuat nanti. Saya berharap, hari ini pembahasan yang ada sudah selesai,” ujar tokoh pemerhati perubahan iklim ini. 

Baca juga : Pekan Film Indonesia Hangatkan Belanda

Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Alue Dohong mengapresiasi kehadiran kedua tokoh dunia ini. Dia berharap, kehadiran Al Gore Cs dapat memberikan semangat para pemangku kebijakan iklim untuk beraksi dalam implementasi Paris Agreement di 2020. [FIK]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.