Dark/Light Mode

Prabowo Akhiri Kunjungan di China Dengan Bertemu Jenderal Xu Qiliang

Rabu, 18 Desember 2019 23:38 WIB
Prabowo Subianto saat bertemu Jenderal Xu Qiliang. (Foto: Dok. KBRI Beijing)
Prabowo Subianto saat bertemu Jenderal Xu Qiliang. (Foto: Dok. KBRI Beijing)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengakhiri kunjungannya ke China, Rabu (18/12) setelah melakukan serangkaian pertemuan dan kegiatan. Setelah pertemuan resmi dengan Menteri Pertahanan Nasional China Jenderal Wei Fenghe dan Deputi Direktur Jenderal State Administration for Science, Technology and Industry for National Defense (SASTIND) Xu Zhanbin pada Senin (16/12), Prabowo juga bertatap muka dengan Wakil Ketua Komisi Militer Pusat China Jenderal Xu Qiliang 

Seperti keterangan resmi dari KBRI Beijing, kunjungan kehormatan ke Jenderal Xu Qiliang terlaksana pada Selasa (17/18), di Markas Besar People’s Liberation Army (PLA) di Deshengmen, Beijing. Dalam pertemuan ini, Prabowo Subianto menyampaikan keinginan Indonesia untuk memperdalam hubungan persahabatan dengan China. Tentunya di bidang pertahanan dan militer. Hal ini dilaksanakan dengan penguatan dialog dan kerja sama kedua pihak serta dalam menjaga perdamaian dan stabilitas kawasan. 

Baca juga : Menlu RI dan Menlu China Tahun Ini Bertemu 3 Kali

Jenderal Xu Qiliang menyampaikan bahwa di bawah kepemimpinan Presiden Xi Jinping dan Presiden Jokowi, Kemitraan Strategis Komprehensif kedua negara berkembang sangat baik. Jenderal Xu Qiliang menyatakan kerja sama pertahanan dan militer merupakan bagian penting dari hubungan Indonesia dan China. Oleh karena itu, diharapkan terus ada kemajuan dan kerja sama yang pragmatis antara kedua pihak terutama dikaitkan dengan peringatan 70 tahun hubungan diplomatik pada 2020. 

Dalam kunjungan kehormatan ini, Prabowo didampingi Duta Besar RI untuk China Djauhari Oratmangun, Atase Pertahanan KBRI Beijing Brigadir Jenderal Kuat Budiman, Sjafrie Sjamsoeddin, dan Suryo Prabowo, serta delegasi yang terdiri dari pejabat tinggi Kemenhan dan TNI. 

Baca juga : Blockchain Berpeluang Diterapkan Di Indonesia

Anggota delegasi dari Kemhan dan TNI juga pada hari ini berkesempatan berkunjung ke beberapa industri strategis RRT yang berada di Beijing. Kunjungan ini merupakan pendalaman awal hasil dialog Menhan Prabowo Subianto dengan State Administration for Science, Technology and Industry for National Defense (SASTIND) pada 16 Desember 2019. 

Prabowo meninggalkan Beijing Rabu (18/12) dan bertolak menuju ke Tokyo, Jepang. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.