Dark/Light Mode

BNPB: Abu Vulkanik Erupsi Gunung Taal Tak Sampai ke Indonesia

Senin, 13 Januari 2020 16:01 WIB
Foto: Humas BNPB
Foto: Humas BNPB

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memastikan, wilayah Indonesia tidak terdampak abu vulkanik dari erupsi Gunung Taal di Batangas, Filipina sejak Minggu (12/1).

Melalui pengamatan BNPB melalui InaWARE, kolom abu vulkanik dari erupsi Gunung Taal terpantau menjauhi wilayah Indonesia, menuju arah timur laut atau mengarah ke Samudera Pasifik dari kawah di tengah Danau Taal.

Berdasarkan laporan otoritas resmi Filipina, kolom abu teramati dengan ketinggian sekitar 1 kilometer dari kawah utama. Pihak Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina (Phivolcs) mengatakan, abu erupsi jatuh ke wilayah yang paling dekat dengan kawah: Tagaytay, Batangas dan Cavite.

Baca juga : China: Isu Natuna Tak Goyangkan Hubungan Dengan Indonesia

Debu vulkanik tersebut juga menyelimuti Silang dan Amadeo di Cavite dan Calamba, Santa Rosa dan San Pedro City di Provinsi Laguna. Sejumlah sekolah di regional Calabarzon, Luson Tengah dan Metro Manila diliburkan demi alasan keselamatan dan kesehatan.

Badan Pengurangan Risiko dan Manajemen Bencana Alam Filipina menyebut,  sekitar 6.000 penduduk telah dievakuasi ke Batangas, dan paling banyak berasal dari San Nicolas, Balete dan Talisay. Hingga kini, belum ada laporan mengenai korban jiwa.

Erupsi Gunung Taal juga membuat Bandara Internasional Ninoy Aquino ditutup sementara. Semua penerbangan dibatalkan demi alasan keamanan dan keselamatan.

Baca juga : BMKG Ingatkan Hujan Lebat Guyur Jabodetabek Sampai Sepekan

170 WNI Akan Dievakuasi

Sejauh ini, KBRI Indonesia di Manila telah mengambil langkah antisipasi hingga rencana evakuasi, sehubungan adanya bencana erupsi GunungTaal.

“Kami mengimbau seluruh WNI untuk mematuhi peringatan bencana, yang disampaikan pemerintah Filipina,” demikian pengumuman resmi KBRI Indonesia di Manila melalui situs akun Facebook resminya, Senin (13/1).

Baca juga : Besok, PSSI Umumkan Shin Tae-yong Jadi Pelatih Timnas Senior Indonesia

Kementerian Luar Negeri juga menyiapkan operasi evakuasi terhadap 170 mahasiswa Indonesia di Cavite, wilayah terdampak erupsi cukup parah. Hingga berita ini diturunkan, belum ada laporan WNI yang menjadi korban dampak erupsi Gunung Taal tersebut.

Untuk permintaan evakuasi saat ini,  dapat menghubungi Local Government Unit, Telepon: 0464143776 atau HP Ms. Catherine:  09173295834. Sedangkan nomor hotline KBRI Manila yang bisa dihubungi adalah +63 9173198470, dan pada jam kerja bisa menghubungi +63 2 892 5062 – 68. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.