Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

KBRI Bangkok-Kemlu Thailand Luncurkan Logo 70 Tahun Hubungan Diplomatik

Minggu, 19 Januari 2020 07:33 WIB
Duta Besar Ahmad Rusdi main angklung dalam peluncuran logo hubungan diplomatik Indonesia-Thailand. (Foto KBRI Bangkok)
Duta Besar Ahmad Rusdi main angklung dalam peluncuran logo hubungan diplomatik Indonesia-Thailand. (Foto KBRI Bangkok)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mengawali 2020, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bangkok dan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Thailand secara bersama meluncurkan logo Peringatan 70 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Thailand di Kemlu Thailand, Bangkok, Jumat (17/1). 

Acara tersebut dihadiri diplomat kedua negara, kalangan bisnis, akademisi, asosiasi persahabatan, media, serta pemenang dan runner up sayembara logo. Kegiatan ini sekaligus sebagai kick off dari rangkaian kegiatan peringatan 70 tahun Hubungan Diplomatik kedua negara yang akan dilaksanakan sepanjang 2020. Logo yang diluncurkan merupakan desain logo pemenang sayembara yang dilaksanakan dari 2 Desember 2019 hingga 2 Januari 2020. 

Peluncuran logo diawali dengan sambutan dari Direktur Jenderal Asia Timur Kemlu Thailand Arjaree Sriratanaban dan Duta Besar RI Bangkok Ahmad Rusdi yang masing-masing menggarisbawahi peningkatan hubungan diplomatik kedua negara yang terjalin sejak 1950.

Lebih lanjut juga disampaikan ucapan selamat atas peringatan ini. Dan diharapkan 2020 menjadi momentum yang tepat untuk lebih meningkatkan hubungan kerja sama di segala bidang, terutama peningkatan hubungan ekonomi dan perdagangan serta meningkatkan investasi Thailand ke Indonesia serta people-to-people contact.

Baca juga : BNI Syariah Luncurkan Program Umroh Berkah Hasanah

Sayembara logo yang diselenggarakan secara bersama oleh Kemlu Thailand dan KBRI Bangkok ini mendapatkan respons positif dari masyarakat kedua negara. Antusiasme peserta cukup tinggi yang ditunjukkan dengan masuknya 637 desain dengan 530 peserta Indonesia dan 107 peserta Thailand.

Rudy Priyatna, pemenang sayembara logo. 

Peserta diwajibkan merancang logo yang menggambarkan karakteristik kedua negara dengan kriteria penilaian meliputi artistry, mood and tone, kreatifitas, dan refleksi tema “Innovation and Creativity“. Menurut Dubes Rusdi, antusiasme peserta yang mayoritas generasi muda ini sangat membanggakan karena menunjukkan perhatian mereka terhadap persahabatan kedua negara.

Yudi Priyatno, pelajar 21 tahun asal Yogyakarta, Indonesia, pun ditetapkan Dewan Juri kedua negara sebagai pemenang sayembara logo ini dengan runner up Thanee Mueannut, desainer grafis berusia 52 tahun dari Chonburi, Thailand.

Pemenang pertama mendapatkan hadiah dua tiket pesawat Jakarta-Bangkok-Jakarta dan uang senilai 10.000 Bath, sementara pemenang kedua mendapatkan satu tiket Bangkok-Jakarta-Bangkok dan uang senilai 5000 Bath.

Baca juga : Optimalkan Layanan, KLHK Luncurkan Mobil Pengaduan Lingkungan Pagi Ini

Logo pemenang dinilai memenuhi kriteria dan persyaratan serta memiliki filosofi yang mendalam yang merefleksikan tema dan hubungan kedua negara. Desain menggambarkan bentuk gajah sebagai simbol Thailand, dan Garuda sebagai simbol Indonesia, yang secara harmonis membentuk angka 70.

Fitur menarik lain dari logo ini termasuk bentuk orang yang berlari yang merefleksikan semangat inovasi dan kreatifitas, lingkaran yang mewakili integrasi, kerja sama, dan tekad untuk terus bergerak, dan gelombang yang mewakili kepercayaan diri untuk menyongsong masa depan.

Desain berwarna biru dan merah dengan latar belakang putih merefleksikan warna bendera Indonesia dan Thailand, di mana biru melambangkan profesionalisme, perdamaian, dan stabilitas, dan merah menggambarkan dinamisme, keberanian, dan keandalan.

Logo ini akan digunakan sepanjang tahun 2020 dalam semua kegiatan peringatan 70 tahun hubungan diplomatik kedua negara. Serangkaian kegiatan telah dirancang untuk dilaksanakan selama tahun 2020, antara lain workshop batik, seminar ekonomi kreatif, pertunjukan budaya, promosi pariwisata dan investasi, festival film, serta forum bisnis.

Baca juga : Batik Motif Bunga Kapas, Simbol 70 Tahun Hubungan Diplomasi AS-Indonesia

Melalui kegiatan ini, diharapkan hubungan people-to-people contact akan lebih terbangun dan semakin mendekatkan rakyat kedua negara. Dukungan dan sambutan baik terhadap kegiatan ini juga diberikan Gubernur Bangkok Aswin Kwanmuang yang menyatakan pihaknya siap membantu mensukseskan dan menyemarakkan kegiatan selama tahun 2020. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.