Dark/Light Mode

Rayakan 70 Tahun Hubungan Diplomatik

Pianis Belgia Kolaborasi dengan 28 Pianis Cilik Indonesia

Selasa, 20 Agustus 2019 09:49 WIB
Duta Besar Belgia untuk Indonesia Stephane De Loecker pidato didampingi pianis Gilbert de Greeve dalam acara bertema Senandung Tanah Air di Erasmus Huis, Jakarta. (Foto Facebook)
Duta Besar Belgia untuk Indonesia Stephane De Loecker pidato didampingi pianis Gilbert de Greeve dalam acara bertema Senandung Tanah Air di Erasmus Huis, Jakarta. (Foto Facebook)

RM.id  Rakyat Merdeka - Masih dalam suasana HUT Ke- 74 Kemerdekaan RI, Kedutaan Besar Belgia di Jakarta, Minggu (18/8), mengadakan gala konser Profesor Gilbert de Greeve bersama 28 pianis cilik Indonesia. Dalam event bertema “Senandung Tanah Air” di Erasmus Huis, Jakarta, sejumlah lagu daerah yang diaransemen ulang de Greeve dibawakan dengan apik selama hampir satu jam.

Kegiatan ini merupakan momen merayakan 70 tahun hubungan diplomatik kedua negara. Belgia-Indonesia. “Kebetulan momennya tepat. Indonesia tengah berulang tahun ke-74 dan kita juga merayakan hubungan persahabatan yang sudah terjalin selama 70 tahun. Ini adalah hari baik,” ujar Duta Besar Belgia untuk Indonesia Stephane de Loecker yang ikut menyaksikan sajian musik Minggu petang tersebut.

Baca juga : Kanada Gelontorkan Dana Rp 88 Miliar Untuk Organisasi Perempuan Indonesia

Sejumlah lagu asli nusantara yang diaransemen ulang dan dimainkan de Greeve dan ke-28 pianis cilik Indonesia di antaranya ada Naik-naik ke Puncak Gunung, Kampuang nan Jauah di Mato, Cublak-cublak Suweng, Bungo Jeumpa, Ampar-ampar Pisang dan Cik-cik Periok.

Sejak Profesor de Greeve menyambangi Indonesia pada 2005, dia menyampaikan ke- tertarikannya pada alunan musik Indonesia. Ketertarikan pianis asal Belgia ini dimanfaatkan dengan baik oleh pihak Kedubes Belgia di Jakarta.

Baca juga : Wapres: Negara Dunia Ingin Belajar Toleransi Keagamaan Indonesia

“Beliau sangat menyambut baik tawaran kami. Dia juga mengadakan kelas ekslusif kepada pianis muda kemarin (Sabtu),” terang Dubes de Loecker. Dubes yang mengenakan batik sutra bercorak emas ini pun memuji penampilan pianis muda Indonesia yang ikut mensukseskan acara.

“Mereka sangat berbakat. Saya salut dengan mereka,” pujinya. Dia bahkan menyelamati satu per satu pianis cilik Indonesia dan melayani permintaan foto bersama.

Baca juga : Indonesia Buka Hubungan Diplomatik Dengan Niue Dan Kepulauan Cook

Dalam kesempatan ini, Dubes de Loecker mendoakan agar Indonesia terus jaya dan be- sar dan berharap agar hubungan diplomatik dan persahabatan Belgia-Indonesia terus lengket dan awet. Acara gala konser ini tidak hanya memberikan sajian musik. Para tamu juga disuguhkan sejumlah camilan. Wafle Belgia menjadi primadona camilan oleh para tamu yang hadir. Kue khas ini disajikan dengan pilihan toping seeperti keju, coklat dan sejumlah buah potong.[DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.