Dark/Light Mode

Mesir Terjangkit, Virus Corona Sudah Sampai Afrika

Sabtu, 15 Februari 2020 07:22 WIB
Foto: Net
Foto: Net

RM.id  Rakyat Merdeka - Wabah virus Corona atau Covid-19, kini sudah merembet ke Afrika, benua terbesar kedua di dunia setelah Asia.

Mesir menjadi negara pertama yang terjangkit Covid-19 di benua tersebut, setelah seorang warga negara asing dilaporkan terinfeksi tanpa gejala.

Baca juga : Kemenkes Duga WN China Terinfeksi Corona di Shanghai, Bukan di Bali

"Kasus ini dapat terkonfirmasi melalui program tindak lanjut yang dilakukan pemerintah, untuk para pelancong yang datang dari negara-negara yang telah terjangkit virus Covid-19. Saat ini, korban telah dirawat di ruang isolasi," ungkap Menteri Kesehatan Mesir, Khaled Mugahed dalam pernyataannya pada Jumat (14/2), seperti dikutip Al Jazeera.

Pernyataan ini tidak menjelaskan jenis kelamin, kewarganegaraan, ataupun pintu masuk pasien tersebut ke negara yang terkenal dengan piramidanya itu.

Baca juga : Bamsoet: Tidak Benar Virus Corona Sebabkan Kematian Mendadak

Kasus ini menempatkan Mesir sebagai negara kedua di Timur Tengah yang terjangkit Covid-19, setelah Uni Emirat Arab pada akhir bulan lalu.

Di seluruh dunia, Covid-19 yang mengawali penyebarannya di Wuhan, Provinsi Hubei, China pada akhir Desember 2019 telah merenggut hampir 1.400 korban jiwa, dan menginfeksi hampir 65 ribu orang di 25 negara.

Baca juga : Satu Warga di Tanimbar Maluku Diduga Terjangkit Virus Corona

Mayoritas kasus terjadi di China daratan. Tiga kasus kematian di luar China, tercatat di Filipina, Hong Kong, dan Jepang. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.