Dark/Light Mode

Lion Air Bantah 1 Penumpang Rute Wuhan-Denpasar Terjangkit Virus Corona

Rabu, 12 Februari 2020 21:46 WIB
Ilustrasi pesawat Lion Air (Foto: Istimewa)
Ilustrasi pesawat Lion Air (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Maskapai penerbangan Lion Air mengklarifikasi kabar yang menyebutkan, satu penumpang rute Wuhan-Denpasar pada Rabu (22/1), terindikasi virus Corona.

Corporate Communications Strategic Lion Air Danang Mandala Prihantoro menjelaskan, berdasarkan keterangan yang diterima pihaknya, setelah seluruh awak pesawat dan penumpang menjalani pemeriksaan dan pengecekan oleh tim medis Kantor Kesehatan Pelabuhan/ KKP Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, penumpang tersebut dinyatakan tidak terindikasi atau tidak memiliki tanda-tanda terkena virus tersebut.

Menurutnya, penerbangan JT-2618 sudah dipersiapkan dengan baik. Sebelum keberangkatan, seluruh kru dan tamu menjalani pemeriksaan kesehatan berdasarkan ketentuan.

Baca juga : Lion Air Bantah 4 Penumpang Rute Jakarta-Banjarmasin Terindikasi Coronavirus

Dalam penerbangan ini, Lion Air membawa dua pilot, satu kopilot, enam awak kabin, dua teknisi, dan 188 tamu atau penumpang.

"Ketika pesawat berada pada pelataran parkir bandar udara (apron), petugas teknisi bekerja sama dengan pihak terkait melakukan penyemprotan cairan multiguna pembunuh kuman (disinfectant spray), sesuai prosedur berlaku. Hal itu dilakukan sebagai upaya memastikan keselamatan, keamanan dan kenyamanan perjalanan udara kepada awak pesawat dan penumpang. Terutama, tindakan antisipasi. Sesuai pemberitahuan dari otoritas setempat mengenai dampak wabah virus Corona," jelas Danang.

Sebagai informasi, Lion Air rute tersebut mengoperasikan tiga kali layanan dalam seminggu, setiap Rabu, Jumat, dan Minggu.

Baca juga : Apes, Barca dan Real Madrid Tersingkir di Copa del Rey

Pada Rabu (22/1), maskapai tersebut masih melayani penerbangan yang membawa penumpang. JT-2619 Denpasar ke Wuhan dan JT-2618 Wuhan ke Denpasar.  

Pada Jumat (24/ 1) dan Minggu (26/ 1), penerbangan Lion Air rute Denpasar ke Wuhan dibuka untuk pemulangan penumpang.

Penerbangan Wuhan – Denpasar dioperasikan sebagai ferry flight, alias hanya membawa kru dan tidak menerbangkan tamu atau penumpang.

Baca juga : Penundaan Penerbangan dari dan ke China untuk Lindungi Masyarakat dari Corona

Sesuai pemberitahuan resmi otoritas setempat (notam) di Wuhan, status bandar udara hanya diperbolehkan melayani kedatangan (arrival).

Untuk keberangkatan (departure), tidak boleh membawa penumpang, dan hanya sebagai alternatif pendaratan kondisi darurat (emergency landing). [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.