Dark/Light Mode

Tambah 2, Total Kasus Virus Corona di Malaysia Kini 21

Sabtu, 15 Februari 2020 17:07 WIB
Foto: Net
Foto: Net

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Kesehatan Malaysia mengumumkan dua kasus baru virus Corona atau Covid-19, yang teridentifikasi di negaranya, Sabtu (15/2).

Dengan demikian, total kasus virus Covid-19 di negara tersebut kini berjumlah 21.

"Dua kasus baru ini melibatkan dua warga negara China. Satu businessman usia 27 tahun, dan wanita berusia 32 tahun," ungkap Menteri Kesehatan Malaysia, Dzulkefly Ahmad, Sabtu (15/2).

Saat dilakukan pemeriksaan di Imigrasi Bukit Kayu Hitam, Kedah, Jumat (14/2), pria asal Guangzhou itu sudah menunjukkan gejala terinfeksi.

Baca juga : Semuanya Negatif Virus Corona, 238 WNI di Natuna Dipulangkan Hari Ini

"Sampel klinis (usap tenggorokan) sudah diambil. Pagi ini, hasilnya sudah ketahuan. Positif Covid-19," ujar Dzulkefly.

"Dia kemudian setuju untuk dikarantina di RS Sultanah Bahiyah, Kedah," imbuhnya.

Satu orang lagi, adalah seorang wanita yang tinggal di Malaysia. Hanya saja, ia memiliki riwayat perjalanan ke China pada 22-30 Januari 2020. Begitu kembali, dia dinyatakan positif Covid-19.

Dari 21 pasien terjangkit virus Covid-19 di Malaysia, 15 di antaranya adalah warga China. Sisanya, baru warga Malaysia.

Baca juga : Korban Tewas Akibat Virus Corona Kini Sudah 1.383 Orang

Tujuh warga China sudah diizinkan meninggalkan rumah sakit, karena telah sembuh.

Seperti dilansir The Straits Times, Sabtu (15/2), Malaysia disebut tengah bersiap menjemput 100 warganya - beserta anak istri - yang masih tertahan di Provinsi Hubei.

Jika tak ada aral melintang, evakuasi kedua tersebut akan dilakukan pada tanggal 24 Februari.

Evakuasi pertama yang mengangkut 167 warga Malaysia dan anggota keluarga non warga negara sudah dilakukan pada tanggal 3 Februari 2020.

Baca juga : Bamsoet: Tidak Benar Virus Corona Sebabkan Kematian Mendadak

Namun, yang benar-benar kembali ke Kuala Lumpur pada 4 Februari 2020, hanya 133 penumpang. Mereka terdiri dari 107 orang yang tertahan di China, 12 anggota kru pesawat, delapan personil misi bantuan kemanusiaan dan bantuan bencana (HADR) dan enam petugas dari kedutaan Malaysia di Beijing.

Warga Malaysia yang kembali dari Wuhan akan dikarantina, dan dipantau selama 14 hari untuk memastikan mereka benar-benar bebas dari virus Corona. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.