Dark/Light Mode

Semuanya Negatif Virus Corona, 238 WNI di Natuna Dipulangkan Hari Ini

Sabtu, 15 Februari 2020 09:32 WIB
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto (tengah) (Foto: Istimewa)
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto (tengah) (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo berangkat ke Natuna, Kepulauan Riau, Sabtu (15/2).

Mereka berangkat dari Jakarta untuk menjemput warga negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Wuhan, China pada 1 Februari lalu, dan langsung menjalani observasi di Natuna selama 14 hari.

Baca juga : Mesir Terjangkit, Virus Corona Sudah Sampai Afrika

Hal ini penting dilakukan, untuk memastikan mereka tidak terinfeksi virus Corona atau Covid-19.

Saat ini, seluruh peserta observasi itu dinyatakan sehat. Semuanya bebas virus Corona.

Baca juga : Kemenkes Duga WN China Terinfeksi Corona di Shanghai, Bukan di Bali

"Hari ini, hari yang berbahagia. Sampai detik ini, laporannya semua sehat. Jadi, pada hari ini pukul 12.00 tanggal 15 Februari tepat waktu 14 hari masa observasi seperti yang ditentukan oleh WHO, semua WNI tersebut dinyatakan sehat," kata Menkes Terawan ketika ditemui sebelum berangkat ke Kepulauan Natuna dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Setelah dinyatakan bebas virus Corona, peserta karantina itu akan langsung dipulangkan ke daerah masing-masing. Tiket pulang ke daerah tujuan, sudah disiapkan.

Baca juga : Dinyatakan Sehat, WNI yang Diobservasi di Natuna Siap Dipulangkan

Selanjutnya, di daerah masing-masing, ereka akan diperiksa secara berkala untuk memastikan kondisi mereka tetap sehat.

"Setelah pulang kita minta untuk dinas kesehatan memantau, namanya surveillance tracking. Itu terus dikerjakan, itu otomatis," jelas Terawan. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.