Dark/Light Mode

Italia Umumkan Kematian Pertama Akibat Virus Corona

Sabtu, 22 Februari 2020 09:34 WIB
Foto: SCMP
Foto: SCMP

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Italia mengkonfirmasi kematian pertama akibat virus Corona jenis baru atau Covid-19, selang beberapa jam setelah menutup akses di 10 kota untuk sementara waktu, menyusul maraknya wabah akibat virus tersebut, Sabtu (22/2).

Korbannya adalah seorang pria lansia berusia 78 tahun, yang berasal dari wilayah Veneto.

Lansia bernama Adriano Trevisan itu tutup usia di rumah sakit, tempat ia dinyatakan sembuh dari penyakit lain yang tak berhubungan dengan virus Corona, 10 hari yang lalu.

Baca juga : Heru Ingin Kembalikan Supremasi Gulat DKI di Tingkat Nasional

Ia adalah satu dari dua orang yang dinyatakan positif terjangkit Covid-19 di Veneto.

Di kawasan Lombardy, 16 orang dilaporkan telah terjangkit virus Covid-19. Maraknya wabah ini membuat pemerintah setempat bergerak cepat, mengisolasi daerah terdampak.

Saat ini, pemerintah setempat telah melarang warganya keluar rumah. Berbagai aktivitas publik seperti karnaval, kegiatan gereja, dan event olahraga ditiadakan untuk sementara waktu, selama satu minggu masa observasi.

Baca juga : Iran Catat Kematian Pertama Akibat Virus Corona di Timur Tengah

Terkait hal ini, Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte memastikan, saat ini kondisi negara aman terkendali. Ia meyakinkan, pemerintah Italia menerapkan kewaspadaan ekstra tinggi untuk menekan laju penyebaran virus tersebut.

Sejak memulai penyebaran di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China pada akhir Desember 2019, Covid-19 telah menginfeksi 77.767 orang di sedikitnya 27 negara di dunia, dengan 2.360 korban jiwa. Total pasien sembuh, baru 20.833 orang.

Mayoritas kasus terjadi di China. Di luar Negeri Tirai Bambu, kematian akibat Covid-19 dilaporkan terjadi di Jepang (3), Korea Selatan (2), Hong Kong (2), Taiwan (1), Iran (4), Italia (1), Prancis (1), dan Filipina (1). [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.