Dark/Light Mode

Penanganan Wabah Virus Corona, WHO Puji Indonesia

Sabtu, 15 Februari 2020 17:40 WIB
WHO Representative for Indonesia, Paranietharan didampingi Menkes Terawan Agus Putranto saat melepas para Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah mengikuti rangkaian proses observasi selama dua pekan di Natuna, Sabtu (15/02).
WHO Representative for Indonesia, Paranietharan didampingi Menkes Terawan Agus Putranto saat melepas para Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah mengikuti rangkaian proses observasi selama dua pekan di Natuna, Sabtu (15/02).

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Kesehatan Dunia memuji kinerja cepat dari pemerintah Indonesia dalam rangka menyelamatkan warganya dari ancaman wabah Virus Corona (2019-nCov) yang merebak di wilayah China.

Ucapan tersebut, disampaikan langsung oleh WHO Representative for Indonesia, Paranietharan saat melepas para Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah mengikuti rangkaian proses observasi selama dua pekan di Natuna, Sabtu (15/02).

“Indonesia sudah sangat baik dalam menangani dan melayani mereka yang dievakuasi dari China, terkait Corona,” kata Paranietharan.

Baca juga : Tambah 2, Total Kasus Virus Corona di Malaysia Kini 21

Dalam kesempatan tersebut, Paranietharan mengatakan, bahwa penanganan pemerintah Indonesia kepada warganya sudah melalui proses yang tepat sesuai rekomendasi protokoler WHO, yang mana hal itu dilakukan guna memastikan para WNI dalam keadaan sehat sebelum dipulangkan ke rumah masing-masing.

Namun demikian, Ia juga mengingatkan agar tidak perlu khawatir terhadap WNI yang kembali pulang ke kampung halamannya.

“Mereka telah melalui prosedur. Dipastikan bahwa peserta observasi ini sudah dalam keadaan yang sehat. Kita jamin dan pastikan mereka sehat,” kata Paranietharan.

Baca juga : Semuanya Negatif Virus Corona, 238 WNI di Natuna Dipulangkan Hari Ini

WHO juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Indonesia atas langkah yang dilakukan terlebih dalam menjamin keselamatan dan kesehatan para warganya.

“Terima kasih dan selamat kepada Pemerintah Indonesia, Kepada BNPB, Kementerian Kesehatan, Kemenko PMK dan TNI atas kinerja yang luar biasa bagi rakyatnya,”ucapnya.

Diketahui, sebanyak 243 WNI yang terdiri dari 238 warga dan 5 KBRI telah dipulangkan ke kampung halamannya masing-masing dari Natuna, setelah mengikuti proses observasi selama dua pekan melalui prosedur yang telah ditetapkan WHO secara ketat.

Baca juga : Mesir Terjangkit, Virus Corona Sudah Sampai Afrika

Proses pemulangan WNI tersebut, dilakukan menggunakan tiga pesawat milik TNI masing-masing 2 pesawat jenis Boeing dan 1 jenis Hercules yang diberangkatkan dari Lanud Raden Sadjad Ranai Natuna, Kepulauan Riau menuju Bandara Halim Perdanakusuma di Jakarta Timur.

Ketiga pesawat tersebut, bertolak dari Natuna pada pukul 13.15 WIB dan mendarat di Jakarta sekitar pukul 15.46 WIB. Setibanya di Bandara Halim, mereka dijemput oleh perwakilan pemerintah provinsi masing-masing, untuk kemudian didampingi sampai ke kampung halaman. [FIK]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.