Dark/Light Mode

Disaksikan Dubes Esti Andayani

Tinggal Selangkah Lagi, Pebulutangkis Yunior Indonesia Raih Kemenangan di Italia

Senin, 24 Februari 2020 11:01 WIB
Kejuaraan BWF Junior Decathlon Perfly Italian International Challange 2020 (IC 2020) yang digelar di gedung Pala Badminton di Milan, Italia pada 21-23 Februari 2020. (Foto: KBRI Roma)
Kejuaraan BWF Junior Decathlon Perfly Italian International Challange 2020 (IC 2020) yang digelar di gedung Pala Badminton di Milan, Italia pada 21-23 Februari 2020. (Foto: KBRI Roma)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebanyak 20 pebulutangkis yunior Indonesia didampingi oleh 5 pelatih di bawah pimpinan Minarti Timur (Pelatih Pratama Timnas Indonesia) telah mengikuti kejuaraan BWF Junior Decathlon Perfly Italian International Challange 2020 (IC 2020) yang digelar di gedung Pala Badminton di Milan, Italia, pada 21-23 Februari 2020.

Kejuaraan tersebut diikuti oleh kontingen dari berbagai negara, khususnya negara-negara Eropa seperti Inggris, Spanyol, Perancis, Jerman, Rusia dan Italia. Hadir dalam turnamen tersebut beberapa kontingen negara Asia diantaranya Indonesia, India, Thailand dan Singapura.

Namun, beberapa negara Asia lainnya termasuk RRT, Jepang dan Korea Selatan tidak mengikuti kejuaraan karena merebaknya coronavirus.

Pada pertandingan babak penyisihan pada Jumat dan Sabtu (21-22/2), tim Indonesia usia di bawah 19 tahun ini tampil cukup meyakinkan dengan mengalahkan lawan lawannya.

Baca juga : BATC 2020 : Unggul 2-0, Selangkah Lagi Indonesia Cetak Hattrick

Hadir menyaksikan pertandingan tersebut Dubes RI untuk Italia, Esti Andayani, yang sekaligus memberikan dukungan kepada pebulutangkis muda Indonesia yang sedang berlaga.

“Kami sangat mengapresiasi keputusan PBSI untuk berpartisipasi dalam turnamen ini. Hal ini akan memberikan kesempatan dan pengalaman penting bagi pebulutangkis yunior Indonesia. Saya juga bangga dengan semangat bertanding pebulutangkis yunior kita”, papar Dubes Esti Andayani.

Langkah awal Indonesia tersebut akhirnya membawa hasil yang sangat bagus dengan menempatkan squad Merah Putih pada semua sektor pertandingan di babak selanjutnya (semi-final dan final) yang rencananya digelar pada Minggu (23/2).

 

Tim bukutangkis Indonesia di Kejuaraan BWF Junior Decathlon Perfly Italian International Challenge 2020 di Italia. (Foto: KBRI Roma)

Baca juga : Ujicoba di Thailand, Timnas U-19 Indonesia Raih Kemenangan Perdana

Namun sayangnya, pada Minggu pagi, Asosiasi Bulu Tangkis Italia menyampaikan pengumuman pembatalan seluruh pertandingan semi-final dan final IC 2020, sebagai dampak dari merebaknya wabah corona virus (covid-19) di Italia bagian Utara, khususnya di wilayah Lombardia, Veneto dan Turino.

Milan sendiri merupakan kota di wilayah Lombardia dan terletak sekitar 80 km dari kota-kota outbreak coronavirus seperti di Codogna.

Sebagai catatan, sampai dengan Minggu (23/2), korban meninggal di Italia kaena covid-19 berjumlah 3 orang, dengan kasus positif corona virus tercatat lebih dari 100 orang. Pemerintah Italia telah mengambil langkah-langkah pencegahan penyebaran virus corona termasuk dengan penutupan sekolah, serta pembatalan kegiatan umum seperti festival dan kejuaraan olah raga di beberapa wilayah Italia.

Terlepas dari pembatalan pertandingan semifinal dan final IC 2020, hasil yang dicapai tim Indonesia dalam turnamen tersebut sangat baik, dengan potensi memborong juara umum sangat besar.

Baca juga : Latihan Penutup di Sidoarjo, Timnas Indonesia U-16 Raih Kemenangan

Pada sesi semifinal akan terjadi all Indonesian semi-final pada sektor tunggal puteri. Sementara itu gelar juara untuk Indonesia sudah dipastikan dari sektor ganda puteri dan ganda campuran karena akan terjadi all Indonesian final pada dua sektor tersebut.

Potensi gelar juara lainnya juga sangat terbuka pada sektor tunggal putra dan ganda putra. Dari hasil pertandingan di turnamen ini, terlihat pula potensi besar para pebulutangkis yunior Indonesia yang nantinya dalam beberapa tahun ke depan akan menggantikan peran para pemain senior timnas bulu tangkis Indonesia di kancah internasional.

Ajang BWF Junior Decathlon Perfly Italian International Challange 2020 (IC 2020) adalah turnamen internasional bulutangkis tahunan di Italia untuk pebulutangkis yunior usia di bawah 19 tahun. Indonesia cukup aktif mengirimkan tim bulutangkis pada kejuaraan ini. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.