Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Wabah Corona di China Turun Signifikan, Presiden Xi Jinping Kunjungi Wuhan

Rabu, 11 Maret 2020 00:11 WIB
Presiden China Xi Jinping (Foto: Net)
Presiden China Xi Jinping (Foto: Net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden China Xi Jinping mengunjungi Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Selasa (10/3).

Ini adalah kunjungan pertama Xi, sejak kota itu menjadi pusat wabah virus Corona baru, Covid-19 yang mulai muncul pada akhir 2019.

Xi berkunjung ke Wuhan, setelah angka penyebaran akibat infeksi virus tersebut menunjukkan penurunan yang signifikan di seluruh wilayah China, sejak pekan lalu.

Baca juga : Bebas dari Corona, Wisata Candi Aman Dikunjungi Wisatawan

Saat ini, fokus pemerintah China sudah beralih. Kerja keras lebih ditujukan untuk mencegah kasus infeksi "impor", yaitu saat wabah virus terjadi di beberapa negara dengan jumlah kasus tinggi. Seperti Korea Selatan, Italia, dan Iran.

Seperti dilansir Xinhua pada Selasa (10/3), dalam kunjungan tersebut, Xi menyambangi dan menyampaikan rasa terima kasih kepada para pekerja medis, pejabat dan prajurit militer, pekerja sosial, anggota polisi, serta para pejabat dan relawan yang telah berjuang melawan epidemik di garda depan, juga pasien dan masyarakat.

"Xi tidak dapat mengunjungi Wuhan lebih awal, karena ia menghadapi risiko penularan yang sangat tinggi," kata Profesor Universitas Renmin, Zhang Ming di Beijing, kepada Reuters, Selasa (10/3).

Baca juga : Seluruh Kota di Hubei Nihil Kasus Baru, Kecuali Wuhan

"Xi menuai hasil dari upaya yang dilakukan. Ini memungkinkan Partai Komunis China untuk segera mengumumkan kemenangan melawan virus Corona," imbuhnya.

Sebelumnya, China mendapatkan kritik dari dalam dan luar negeri atas penanganan wabah. China dituding menekan penyebaran informasi, serta meremehkan risikonya.

Namun, kerja keras China dalam hal pengendalian, termasuk upayanya menutup Kota Wuhan serta Provinsi Hubei yang menjadi episenter wabah, ternyata efektif  menahan laju penyebaran virus Covid-19. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.