Dark/Light Mode

Duta Besar Inggris Untuk Indonesia Owen Jenkins

Larang Warganya Ke Tanah Air

Rabu, 18 Maret 2020 19:54 WIB
Dubes Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins. (Foto: Istimewa)
Dubes Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins mengimbau warga negara Inggris tidak mengunjungi Indonesia untuk sementara waktu terkait penyebaran virus corona. Kecuali untuk urusan yang sangat mendesak.

“Kami meminta warga Inggris betul-betul mempertimbangkan apakah kunjungan mereka memenuhi kriteria tersebut,” pesan Jenkins, kemarin.

Imbauan tersebut dikatakan Jenkins melalui pernyataan video di akun Twitter Kedutaan Besar Inggris di Jakarta, Senin malam (16/3).

Baca juga : Kini Jokowi Lebih Banyak di Istana

Dia menyampaikan pembaruan terhadap imbauan perjalanan yang dikeluarkan Pemerintah Inggris. Menurutnya, Pemerintah Indonesia tengah meningkatkan upaya menghadapi penyebaran virus corona atau Covid-19.

“Upaya itu termasuk beberapa kebijakan yang dapat berpengaruh pada perjalanan dari Inggris. Sebagai contoh, pengunjung harus melakukan isolasi mandiri pada kedatangan ke Indonesia,” katanya.

Ada pula kebijakan yang dapat mempengaruhi kegiatan perjalanan bagi warga negara Inggris yang berdomisili di Jakarta, untuk bepergian ke daerah lain di Indonesia, maupun ke negara-negara tetangga.

Baca juga : Sambangi KPK, Genjot Kerja Sama Anti Korupsi

“Karena hal tersebut, dan juga kombinasi beberapa faktor lain seperti tekanan pada layanan kesehatan di negara ini, maka para pejabat di London memutuskan memperbaharui imbauan perjalanan,” jelas Jenkins.

Bagi para warga negara Inggris yang tengah berada di Indonesia, dia mengimbau tetap tenang dan terus memantau perkembangan situasi melalui sumber berita yang dapat dipercaya.

Dia mengatakan, perkembangan data terbaru terkait jumlah penderita Covid-19 di Indonesia dapat diakses melalui laman resmi Kementerian Kesehatan.

Baca juga : Gelar Speed Mentoring Untuk Perempuan Muda

Kedutaan Besar Inggris di Jakarta dan Konsulat Jenderal Inggris di Bali, lanjut Jenkins, siap memberikan bantuan bagi mereka yang kesulitan.

“Mohon lakukan langkah-langkah untuk menjaga kesehatan anda. Sering-sering mencuci tangan, jaga jarak dengan satu sama lain (social distancing), hindari area-area padat orang serta waktu-waktu ramai pada transportasi publik,” pesan Jenkins. [NNM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.