Dark/Light Mode

Presidennya Anti Lockdown, Gangster Brazil Dukung Jam Malam

Kamis, 26 Maret 2020 14:14 WIB
Presiden Brazil Jair Bolsonaro. (Foto AAP)
Presiden Brazil Jair Bolsonaro. (Foto AAP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Imbauan Presiden Brazil Jair Bolsonaro agar seluruh rakyatnya beraktivitas seperti biasa membuat kelompok gangster Negeri Samba itu bergerak. Kelompok yang biasanya melakukan tindak kriminal ini mengajak warga untuk melakukan jam malam demi menekan penyebaran Covid-19.

Penyebaran virus Sars CoV2 atau dikenal sebagai keluarga virus corona ini sudah menjangkiti 2.433 orang di Brazil dengan 57 diantaranya tewas.

Baca juga : Presiden Minta Kepala Daerah Hitung Dampak Ekonomi Corona

"Para pengedar narkoba melakukan jam malam karena pemerintah pusat tidak hadir untuk melindungi warganya," ujar seorang warga Cidade de Deus kepada Guardian dikutip Fox News, Kamis (26/3).

Presiden Bolsonaro bikin geram warganya karena menyebut langkah penutupan wilayah/ lockdown adalah tindakan yang tidak perlu. Sang presiden malah menyebut kepala daerah yang memberlakukan lockdown telah melakukan tindakan kriminal.

Baca juga : Arsenal Vs Manchester City, Dari Duet Jadi Duel

"Virus lain yang sudah membunuh lebih banyak orang tidak sampai membuat kita seheboh ini. Apa yang dilakukan wali kota dan gubernur adalah tindakan kriminal. Mereka menghancurkan Brazil," ujar Bolsonaro kepada Reuters.

"Jika kita tidak kembali bekerja, Brazil bisa keliar dari kehidupan normal berdemokrasi," lanjut Bolsonaro.

Baca juga : Petugasnya Positif Corona, Disneyland Paris Tetap Buka

Akibat imbauan Bolsonaro, penasihat keamanan Brazil Augusto Heleno kembali bekerja pada Rabu (25/3). Padahal dia masih harus menjalani karantina selama 14 hari karena positif Covid-19. Heleno bahkan menghadiri rapat kabinet. Akibatnya, setidaknya 23 orang di sekitar Bolsonaro dikabarkan positif juga. 

Bolsonaro mengaku tidak khawatir jika tertular Covid-19. "Saya memiliki latar belakang atlet. Jika tertular, saya mungkin hanya merasa seperti flu biasa," tandas Bolsonaro. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.