Dark/Light Mode

Dilantik Jokowi, Idham Azis Resmi Jadi Kapolri

Jumat, 1 November 2019 11:44 WIB
Kabareskrim Idham Azis (kiri), dilantik menjadi Kapolri oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Jumat (1/11). (Foto: Randi Tri Kurniawan/RM)
Kabareskrim Idham Azis (kiri), dilantik menjadi Kapolri oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Jumat (1/11). (Foto: Randi Tri Kurniawan/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri Komjen Pol Idham Azis, akhirnya resmi dilantik oleh Presiden Jokowi sebagai Kepala Kepolisian Negara  Republik Indonesia (Kapolri), di Istana Negara, Jakarta, Jumat (1/11) pagi.

Dengan pelantikan ini, pangkat Idham dinaikkan menjadi Jenderal.

Baca juga : Dihadiri 316 Anggota DPR, Idham Aziz Sah Jadi Kapolri

Idham menggantikan Tito Karnavian, yang telah diangkat oleh Presiden menjadi Menteri Dalam Negeri dalam Kabinet Indonesia Maju pada Kamis (24/10) pekan lalu.

Acara pelantikan Idham sebagai Kapolri, diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Selanjutnya dilakukan pembacaan Keputusan Presiden Nomor 97/Polri/2019 pengangkatan Kepala Kepolisian Republik Indonesia, ditetapkan di Jakarta, pada tanggal 1 November 2019.

Baca juga : Bamsoet: Komjen Idham Aziz Sosok Tepat Jabat Kapolri

Usai pembacaan Keputusan Presiden, Presiden Jokowi membimbing Jenderal Pol. Idham Azis untuk diambil sumpahnya sebagai Kapolri, yang berbunyi: “Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan dan penuh rasa tanggung jawab, bahwa saya akan menjunjung tinggi Tri Brata.”

Usai pengambilan sumpah dan penandatanganan berita acara pelantikan, dibacakan Keputusan Presiden Nomor 98/Polri/2019 tentang Kenaikan Pangkat Perwira Tinggi Polri Menjadi Jenderal Polisi, yang dilanjutkan dengan penyematan pangkat baru kepada Kapolri oleh Presiden Jokowi.

Baca juga : Tok, Komisi III Setujui Idham Azis Jadi Kapolri

Acara pelantikan ditutup dengan menyanyikan kembali lagu kebangsaan Indonesia Raya, dan diakhiri dengan pemberian ucapan selamat yang didahului oleh Presiden Jokowi.

Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Ketua DPR Puan Maharani, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman, Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali, Ketua BPK Agung Firman, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko PMK Muhadjir Effendy, Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung, Menteri PANRB Tjahjo Kumolo, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Menteri BUMN Erick Thohir. Menkeu Sri Mulyani Indrawati, Menkes dr. Terawan Agusputranto, Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita, Mendagri Tito Karnavian, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjant, dan Jaksa Agung ST. Burhanudin turut menghadiri pelantikan Idham sebagai Kapolri.  [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.