Dark/Light Mode

Sementara, Tugas Diwakili Menlu

PM Inggris Boris Johnson Masuk ICU RS St Thomas

Selasa, 7 April 2020 06:56 WIB
PM Inggris Boris Johnson (Foto: Instagram)
PM Inggris Boris Johnson (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - PM Inggris Boris Johnson dipindah ke ruang rawat intensif (ICU) RS St. Thomas, London pada Senin (6/4) sekitar pukul 7 malam waktu setempat, karena gejala Covid-19 yang dialaminya semakin memburuk.

Seperti dilansir The Independent, Sekretaris Kabinet Mark Sedwill langsung memberitahu seluruh menteri, tentang kondisi PM Johnson.

PM Johnson dipindah beberapa jam setelah Downing Street mengumumkan ia tetap bersemangat, dan tetap memonitor respon pemerintah dalam menangani wabah Covid-19.

Baca juga : PM Inggris Boris Johnson Positif Corona

PM Johnson yang masih berada dalam kondisi sadar, dipindah ke ICU untuk berjaga-jaga apabila ia membutuhkan ventilator atau alat bantu pernapasan.

"Sebelum ke ICU, PM Johnson sudah menggunakan selang oksigen untuk membantu pernapasannya," ujar seorang sumber, seperti dikutip The Independent, Selasa (7/4).

Agar roda pemerintahan tetap berjalan, Menteri Luar Negeri Dominic Raab telah diminta untuk mewakili tugas perdana menteri, apabila dibutuhkan.

Baca juga : PM Inggris Boris Johnson dan Kekasihnya, Carrie Symonds Akan Segera Punya Anak

"Boris Johnson tetap perdana menteri. Namun, untuk sementara, tugas hariannya akan dijalankan Raab. Termasuk, tugas merespon perkembangan wabah Covid-19," demikian bunyi pernyataan Kantor Perdana Menteri, Downing Street No. 10.

Raab yang telah memimpin rapat darurat kabinet (Cobra), karena PM Johnson berhalangan sakit, membenarkan pernyataan tersebut.

"Perdana menteri telah meminta saya menjadi sekretaris pertama untuk mewakilinya dalam menjalankan tugas pengendalian wabah Covid-19," ungkapnya.

Baca juga : Tunda Pertemuan Lagi, PM Inggris Johnson Bisa Bikin Marah Trump

"PM Johnson menerima perawatan yang sangat baik di RS St.Thomas. Mewakili pemerintah, saya mengucapkan terima kasih kepada staf NHS atas semua dedikasi, kerja keras dan komitmen mereka dalam mengobati semua orang yang terkena virus mengerikan ini," imbuh Raab.

Sejak Minggu (5/4) petang, PM Johnson telah dirujuk ke RS St Thomas karena gejala Covid-19 yang dialaminya tak kunjung membaik. Suhu tubuhnya masih saja panas, dan batuk-batuk terus. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.