Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Lewat Video Conference

Rangkaian Peringatan 70 Tahun Hubungan RI-RRT Diluncurkan Secara Serentak

Senin, 13 April 2020 14:37 WIB
Kartu Pos yang diluncurkan dalam Rangkaian Kegiatan Peringatan 70 Tahun Hubungan RI-RRT (Foto: Dok. KBRI Beijing)
Kartu Pos yang diluncurkan dalam Rangkaian Kegiatan Peringatan 70 Tahun Hubungan RI-RRT (Foto: Dok. KBRI Beijing)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam rangka memperingati 70 Tahun Hubungan Diplomatik Republik Indonesia dengan Republik Rakyat Tiongkok, yang jatuh hari ini, 13 April 2020, Duta Besar RI untuk Tiongkok merangkap Mongolia, Djauhari Oratmangun, melakukan peluncuran secara resmi rangkaian kegiatan peringatan.

Berdasarkan keterangan dari KBRI Beijing, kegiatan dilakukan melalui video conference dengan seluruh Kepala Perwakilan RI dan jajaran KJRI di Tiongkok dengan meluncurkan Logo serta Perangko Peringatan 70 Tahun Hubungan Diplomatik RI-RRT secara serentak pada pukul 10:00 waktu Tiongkok bersama dengan Kedutaan RRT di Indonesia.

Baca juga : Jokowi: Jangan Sampai TKI Kita Pulang Bawa Corona

Peringatan 70 Tahun Hubungan Diplomatik RI-RRT juga ditandai dengan pemberian ucapan selamat dari Kepala Negara dan Menteri Luar Negeri kedua negara melalui pertukaran surat.

Diharapkan, momentum peringatan 70 Hubungan Diplomatik RI-RRT akan semakin memperkokoh kemitraan strategis komprehensif kedua negara yang telah terjalin di segala bidang dan menjadi landasan untuk mendorong kemajuan dan kesejahteraan kedua negara. 

Baca juga : Jakarta Banjir Lagi, Pertamina Tanggap Salurkan Bantuan

Logo peringatan 70 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Tiongkok memiliki makna mendalam. Dengan menggunakan warna kuning emas, logo ini melambangkan hubungan RI-RRT yang sedang berada pada periode emas, serta menyiratkan prospek perkembangan yang gemilang bagi kedua negara maupun hubungan bilateralnya di masa mendatang. Panda yang manis dan lucu, serta burung garuda yang gagah perkasa, masing-masing merupakan simbol dua negara besar Indonesia dan Tiongkok. Keduanya berdampingan erat dengan bentuk angka ‘70’, menandai momen historis penting peringatan ke-70 hubungan diplomatik RI-RRT

Pada bagian tengah logo terdapat bendera nasional kedua negara yang cemerlang, melambai tertiup angin di atas latar belakang emas. Ini menunjukkan bahwa Indonesia dan Tiongkok adalah mitra yang setara dan saling menguntungkan, dan persahabatan di antara kedua negara abadi sepanjang masa. Pada bagian bawah logo terdapat tulisan "70 Tahun Indonesia-Tiongkok" dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Mandarin.

Baca juga : Menlu Lavrov Buka Pameran Arsip 70 Tahun Hubungan Diplomatik RI-Rusia

Direncanakan, berbagai rangkaian kegiatan Peringatan 70 Tahun Hubungan Diplomatik RI – RRT akan diselenggarakan sepanjang tahun ini. Di antaranya melalui publikasi di media massa kedua negara, penyelenggaraan seminar secara daring (Webinar), peluncuran e-book mengenai 70 Tahun Hubungan RI-RRT, dan lomba menyanyi lagu indonesia bagi penutur asing. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.