Dark/Light Mode

Di Tengah Spekulasi Yang Berkembang, Korsel Yakin Kim Jong Un Masih Hidup dan Baik-baik Saja

Senin, 27 April 2020 09:28 WIB
Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un (Foto: SCMP)
Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un (Foto: SCMP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Korea Selatan (Korsel) tak percaya Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un telah meninggal dunia, seperti ramai diberitakan. Kim diyakini masih hidup dan baik-baik saja.

"Posisi pemerintah kami jelas. Kim Jong Un masih hidup dan baik-baik saja. Dia tinggal di wilayah Wonsan sejak 13 April 2020. Sampai saat ini, tak terdeteksi adanya hal-hal yang mencurigakan," ujar Moon Chung-in, Penasehat Kebijakan Luar Negeri Presiden Korsel Moon Jae-in kepada CNN, Minggu (26/4).

Pernyataan ini semakin menambah rumit isu tentang orang paling kuat di Korut. Publik bertanya-tanya, apakah betul Kim telah meninggal dunia, berada dalam kondisi vegetatif pasca operasi jantung, ataukah betul-betul sehat seperti diungkap pemerintah Korsel?

Baca juga : Bahas Natuna, Komisi I DPR Gelar Raker Bareng Kemhan, Kemlu, dan Bakamla

Berbagai spekulasi tentang kondisi kesehatan Kim mencuat, setelah ia tak terlihat hadir dalam perayaan ulang tahun kakeknya Kim Il Sung, pendiri rezim.

Asal tahu saja, HUT Kim Il Sung yang jatuh pada 15 April, adalah hari paling penting dalam kalender politik Korea Utara.

Sementara media pemerintah Korea Utara KCNA menyebut, empat hari sebelumnya, Kim masih terlihat dalam sebuah pertemuan politbiro.

Baca juga : Taspen Siap Hadapi Perkembangan Zaman Dan Maksimalkan Pelayanan

Awal pekan lalu, CNN melaporkan, Kim berada "dalam bahaya besar setelah operasi". Soal ini, seorang pejabat AS menyebut, kekhawatiran tentang kesehatan Kim bisa dipercaya. Namun, sulit dinilai tingkat keparahannya.

Pernyataan tersebut merespon laporan Daily NK - surat kabar online di Korsel yang fokus pada isu-isu Korut - yang menyebut Kim menjalani prosedur kardiovaskular alias operasi jantung karena merokok berlebihan, obesitas, dan terlalu banyak pekerjaan.

Daily NK pun menyebut, Kim tengah dirawat di sebuah vila di Hyangsan.

Baca juga : Terpidana Kasus Suap Impor Gula Perum Bulog, Irman Gusman Kini Hirup Udara Bebas

Setelah kondisi Kim dipastikan baik-baik saja, sebagian tim medis yang merawatnya kembali ke Pyongyang pada 19 April 2020. Sisanya, tetap di Hyangsan, merawat Kim.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.