Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Covid-19 Merebak, WNI di Hongaria Tak Sendirian

Jumat, 15 Mei 2020 09:40 WIB
Tim KBRI Budapest menyerahkan bantuan logistik untuk para WNI di Hongaria. (Foto KBRI Budapest)
Tim KBRI Budapest menyerahkan bantuan logistik untuk para WNI di Hongaria. (Foto KBRI Budapest)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Republik Indonesia/KBRI Budapest, Hongaria, selama hampir 2,5 bulan ini memberikan bantuan bagi masyarakat Indonesia yang terdampak Covid-19. Ada para Pekerja Migran Indonesia (PMI), para pelajar dan mahasiswa serta para pensiunan yang telah berusia lanjut yang benar-benar membutuhkannya.

Hongaria melakukan lockdown parsial dan jam malam mulai 17 Maret lalu. KBRI Budapest sebagai perwakilan negara berusaha mengantipasi berbagai kemungkinan kesulitan yang akan menimpa para WNI

“Kami tidak merasa sendirian dan ditinggalkan,” begitu ungkapan keharuan para warga negara Indonesia di Hongaria yang menerima bantuan logistik dari KBRI Budapest.

Baca juga : Pandemi Covid-19 Jadi Momen Dongkrak Bisnis Hortikultura

KBRI Budapest juga menjembatani kepulangan lebih dari 100 pekerja migran Indonesia dan para pelajar serta mahasiswa sebelum Pemerintah Hongaria memberlakukan pembatasan.

“Kebijakan awal KBRI Budapest dengan adanya wabah virus corona ini dengan menyediakan alat pelindung diri berupa masker, hand sanitizer dan sarung tangan serta multivitamin. Kami berusaha mengantipasi berbagai kemungkinan kesulitan yang akan menimpa para WNI,” kata Duta Besar Indonesia untuk Hongaria Dimas Wahab dalam keterangannya.

Selain itu, KBRI Budapest melalui berbagai media sosial berusaha menjangkau para WNI dengan memberikan informasi terkini mengenai kebijakan Pemerintah Indonesia maupun Pemerintah Hongaria.

Baca juga : Covid-19 Merebak, Warga Kamboja Ikut Kelas Online Belajar Bahasa Indonesia

Pada 7 Mei lalu, KBRI Budapest melakukan Video Conference terbuka dengan WNI di Hongaria mengenai isu-isu kekonsuleran, keimigrasian dan kewarganegaraan serta hal-hal terkait wabah virus corona dengan mengundang nara sumber Dudi Iskandar, Atase Imigrasi KBRI Berlin. Acara tersebut  juga diikuti peserta dari Indonesia dan para mahasiwa dari Akademi Imigrasi, Kementerian Hukum dan HAM, Jakarta.

Tak ketinggalan pula Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Budapest turut menyumbangkan bantuan logistiknya bersama-sama KBRI Budapest kepada para WNI yang tidak hanya yang berada di Budapest akan tetapi juga ke daerah-daerah pelosok wilayah Hongaria.[MEL]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.