Dark/Light Mode

Lawan Covid-19, AS Sawer Indonesia Rp 46 Miliar

Sabtu, 25 April 2020 07:08 WIB
Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi melakukan pertemuan US-ASEAN Foreign Minister Meeting pada Kamis (23/4). (Foto Kemlu RI)
Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi melakukan pertemuan US-ASEAN Foreign Minister Meeting pada Kamis (23/4). (Foto Kemlu RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Amerika Serikat berkomitmen memberikan bantuan kepada Indonesia lebih dari 3 juta dolar AS dalam melawan Covid-19. Jumlah ini sebagian dari total 35,3 juta dolar yang akan disumbang Negeri Paman Sam kepada negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

Hal ini diungkapkan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam konferensi pers secara virtual setelah melakukan pertemuan US- ASEAN Foreign Minister Meeting pada Kamis (23/4). Pertemuan membahas penanganan wabah virus corona.

Baca juga : Tangkal Covid-19, Lemonilo Sebar Sembako Kepada Ratusan Sopir Taksi

“Jadi Sekjen ASEAN menyampaikan beberapa informasi. Antara lain mengenai masalah data confirm cases yang ada di ASEAN. Per 22 April jumlah confirm cases di ASEAN adalah 33.295 dengan angka kematian 1.240,” jelas Menlu Retno Marsudi.

Untuk membantu penanganan virus corona di Asia Tenggara, AS memberikan bantuan total senilai 35,3 juta dolar (Rp 543,6 miliar). Dari bantuan tersebut, Indonesia menerima lebih dari 3 juta dolar AS (Rp 46 Miliar). Bantuan diberikan berupa dukungan atau kerja sama untuk laboratorium dan risk communication. Selain itu, bantuan tersebut juga mencakup pengawasan dan penyediaan alat-alat keseha- tan seperti alat pelindung diri.

Baca juga : Lawan Virus Covid-19, Pertagas Bantu Perlengkapan APD di Bontang

Retno Marsudi mengatakan, dalam pertemuan tersebut Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo menekankan pentingnya kerja sama dengan negara ASEAN dan berkomitmen untuk membantu menangani pandemi corona serta pemulihan ekonomi pasca wabah.

Dukungan AS disalurkan mealui WHO, International D­evelopment Design Summits (IDDS), Johns Hopkins University, US Agency for International Development (USAID), Center for Disease Control (CDC). Bantuan tersebut dalam bentuk pengembangan laboratorium, komunikasi, pengawasan, dan juga penyediaan alat kesehatan.

Baca juga : Bantu Penanganan Corona, ADB Suntik RI Rp 23 Triliun

”Dalam konteks ini, Indonesia menyerukan pentingnya kerja sama yang inovatif,” jelasnya.

Komitmen AS menangani Covid-19 diwujudkan dalam bentuk keberadaan para ahli di negara ASEAN. Termasuk di Indonesia. [PYB]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.