Dark/Light Mode

Dubes Saudi Esam Abid Curhat Warganya Masih Di Indonesia

Sabtu, 16 Mei 2020 01:51 WIB
Dubes Arab Saudi untuk Indonesia Esam Abid Al-Thaqafi
Dubes Arab Saudi untuk Indonesia Esam Abid Al-Thaqafi

RM.id  Rakyat Merdeka - Wabah Covid-19 menyulitkan banyak orang yang mau kembali ke negara asal. Beberapa di antaranya adalah warga negara Arab Saudi di Indonesia.

Kepada Saudi Gazette, Selasa (12/5), Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Esam Abid al-Thaqafi menyebut masih ada sekitar 1.000-an saudara senegaranya yang nyangkut di Indonesia.

“Karena pembatasan penerbangan internasional dari Indonesia, ada banyak warga negara Saudi yang terpaksa menetap di Indonesia,” ujar Esam Abid.

Pihak Kedubes Saudi di Jakarta sudah membantu semua warga Saudi yang tertinggal di Indonesia untuk mendapatkan tempat tinggal sementara.

Baca juga : LSI: Juni 2020, Corona Minggir Dari Indonesia

“Kami sudah menghuhungi semua warga negara Saudi yang terjebak di Indonesia. Kami masih mengusahakan cara untuk memulangkan mereka. Kami juga berkomunikasi dengan pihak setempat untuk mendapat informasi agar bisa memulangkan mereka kembali ke Saudi,” lanjutnya.

Esam menambahkan, warganya yang masih tertinggal di Indonesia kebanyakan adalah mereka yang berwisata ke sejumlah wilayah di Indonesia.

“Semuanya sekarang ada di Jakarta. Menanti jadwal untuk pulang, Esam memaklumi tidak adanya penerbangan internasional dari Indonesia di tengah pandemi ini.

“Kami juga mengambil keputusan serupa untuk mencegah penyebaran Covid-19,” sam- bung Esam.

Baca juga : Inul: Terima Kasih Para Petani Indonesia

Selain itu, Dubes Esam mengabarkan ada dua warga Saudi yang meninggal dunia setelah positif teinfeksi virus corona di Indonesia.

“Kami sedih harus mengabarkan kerabat di sana (Saudi) kalau ada anggota keluarga yang me- ninggal dan harus dikuburkan di Indonesia,” lanjutnya

Dubes Esam juga berterima kasih pada otoritas Indonesia yang membantu dua warga Saudi lainnya berhasil sembuh setelah positif corona.

“Ada dua warga Arab Saudi yang berhasil sembuh dari Covid-19. Mereka masih di rumah sakit untuk masa penyembuhan,” sambungnya.

Baca juga : Turki Jamin Kelanjutan Studi Penerima Beasiswa dari Indonesia

“Kami mendukung pemerintah Indonesia dalam menangani pandemi ini. Rencananya kedua petinggi dari sektor kesehatan akan bertemu setelah pandemi ini usai,” info sang dubes. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.