Dark/Light Mode

Lockdown Rusuh, PM Modi Minta Maaf Pada Warga Miskin India

Minggu, 29 Maret 2020 18:00 WIB
Foto: India Express
Foto: India Express

RM.id  Rakyat Merdeka - Perdana Menteri India Narendra Modi meminta maaf pada warga miskin negara itu, menyusul tingginya angka korban jiwa dan kemiskinan yang timbul akibat kebijakan lockdown nasional selama 21 hari. 

Kebijakan yang diumumkan Modi pada Selasa (24/3) untuk menekan laju penyebaran virus Corona itu, banyak menuai kritik karena tidak disertai dengan perencanaan yang matang. Jutaan rakyat miskin India dirugikan. Banyak orang kelaparan. Puluhan ribu buruh migran yang menganggur, berjalan ratusan kilometer dari kota ke desa-desa asal mereka.

"Pertama-tama, saya meminta maaf kepada semua warga negara saya," kata Modi dalam pidato yang disiarkan stasiun radio setempat, Minggu (29/3). 

"Kaum miskin pastinya berpikir, perdana menteri macam apa saya ini, yang telah menempatkan kita pada banyak masalah. Tapi, tidak ada pilihan lain untuk mengatasi kasus ini. Langkah-langkah yang kami lakukan sejauh ini, akan mengantar India pada kemenangan melawan Corona," imbuhnya. 

Baca juga : Lockdown Diperpanjang Sampai 14 April, PM Muhyiddin Imbau Warga Malaysia Tak Panik

Kamis (26/3), pemerintahan Modi telah mengumumkan rencana stimulus ekonomi sebesar 22,6 miliar dolar AS untuk menyediakan bantuan tunai langsung dan pemberian makanan kepada warga miskin India. Namun, solusi itu tidak menawarkan kejelasan tentang rencana masa depan negara tersebut. 

Dalam sebuah artikel opini  yang diterbitkan Indian Express pada Minggu (29/3), Abhijit Banerjee dan Esther Duo - peraih Nobel Bidang Ekonomi Tahun 2019 - mengingatkan, kaum miskin butuh lebih banyak bantuan. "Tanpa itu, krisis permintaan akan menjadi bola salju ekonomi. Orang-orang tidak punya pilihan selain melanggar kebijakan," tulis mereka.

Masih ada dukungan luas untuk berbagai upaya menghindari meluasnya pandemi Corona di India, negara berpenduduk 1,3 miliar jiwa dengan sistem kesehatan masyarakat yang relatif buruk.
Namun para pemimpin oposisi, analis dan bahkan beberapa warga semakin mengkritik implementasinya.

"Sangat memalukan bahwa kami telah mengizinkan setiap warga negara India diperlakukan dengan cara ini. Pemerintah sama sekali tidak memiliki rencana darurat untuk eksodus ini," cuit politisi oposisi Rahul Gandhi, mengomentari gambar dan rekaman buruh migran menempuh perjalanan jauh pulang ke kampung halaman dengan berjalan kaki, yang menjadi berita utama media.

Baca juga : Timor Leste Lockdown, WNI Tertahan di Pos Lintas Batas Negara

Polisi mengatakan, empat migran tewas pada Sabtu (28/3), ketika sebuah truk menabrak mereka di negara bagian barat Maharashtra. 

"Kami akan mati karena berjalan dan kelaparan, sebelum terbunuh Corona, ”kata pekerja migran Madhav Raj, 28, saat berjalan di Uttar Pradesh.

Hingga Minggu (29/3), total kasus positif Covid-19 di India mencapai angka 979, dengan 25 kasus kematian. 

Meski sebagian besar ahli sepakat bahwa India butuh lockdown untuk mengurangi meluasnya wabah Covid-19, namun dampak ekonomi yang timbul malah memantik kemarahan warga miskin. 

Baca juga : Cegah Corona Merajalela, Doni Monardo Minta Kardinal Tunda Acara Pelantikan Uskup Ruteng

“Kami tidak punya makanan atau minuman. Saya pusing memikirkan, bagaimana cara memberi makan keluarga saya,” kata Amkirbee Shaikh Yusuf (50), ibu rumah tangga di perkampungan kumuh Dharavi di Mumbai, saat jam makan siang pada Sabtu (28/3) kemarin. “Tak ada kebaikan dari lockdown ini. Orang-orang marah, dan tak ada yang menghargai kita," ujarnya. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.