Dark/Light Mode

Toleransi, Gereja di Berlin Berbagi Tempat Dengan Kaum Muslim Yang Nggak Kebagian Masuk Masjid

Senin, 25 Mei 2020 10:52 WIB
Toleransi, Gereja di Berlin Berbagi Tempat Dengan Kaum Muslim Yang Nggak Kebagian Masuk Masjid

RM.id  Rakyat Merdeka - Ini wujud toleransi nyata antar umat beragama di Jerman. Gereja Martha Lutheran di Kruezberg, Berlin, membuka pintu lebar-lebar untuk kaum muslim, yang tak seluruhnya bisa masuk masjid saat ibadah shalat Jumat, di penghujung Ramadhan tahun ini.

Mereka terbentur pada aturan social distancing yang mewajibkan jarak antar jamaah minimal 1,5 meter. Demi mencegah penyebaran Covid-19. Karena aturan tersebut, Masjid Dar Assalam di distrik Neukolln, Berlin pun tak mampu menampung seluruh jamaahnya.

"Ini adalah pertanda bagus dan membawa sukacita di bulan Ramadhan. Sukacita di tengah krisis ini. Pandemi telah mengutuhkan kami dalam sebuah komunitas. Krisis menyatukan orang-orang," kata Imam Masjid Dar Asalam, kepada Reuters, Minggu (24/5).

Baca juga : Utang 7 T Garuda Jatuh Tempo, Sri Mulyani Ikut Kebagian Puyeng

Samer Hamdoun, anggota kongregasi memahami bila para jamaah masjid itu merasakan ada yang tak biasa, begitu melihat gambar-gambar di dinding gereja dan alunan instrumen musik.

"Tapi, jika kita lihat situasi dan kondisinya, kita akan lupa pada hal-hal kecil seperti itu. Pada akhirnya, kita mengerti, bahwa ini juga rumah Tuhan," tuturnya.

Pihak berwenang menyebut, pada Sabtu (23/5), lebih dari 40 peserta misa gereja di Frankfurt dinyatakan positif Covid-19, usai mengikuti kebaktian.

Baca juga : Relaksasi Kredit Berlaku bagi Semua yang Terdampak Pelambatan Ekonomi

Asal tahu saja, kebaktian di wilayah Frankfurt telah diizinkan sejak awal Mei 2020.

Sementara restoran dan kafe di Berlin, diizinkan beroperasi kembali pada 15 Mei lalu, dengan protokol pencegahan Covid-19 yang ketat. Pelayan restoran pun diwajibkan pakai masker.

Menurut catatan Robert Koch Institute, jumlah korban jiwa akibat Covid-19 telah mencapai lebih dari 8.200 dengan total kasus melampaui angka 177 ribu. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.