Dark/Light Mode

Obati Kangen Lebaran di Tanah Air, Diaspora Lansia Di AS Halal Bihalal Online

Jumat, 29 Mei 2020 23:40 WIB
Para diaspora lansia sudah puluhan tahun bermukim di Amerika Serikat. (Foto KBRI Washington DC)
Para diaspora lansia sudah puluhan tahun bermukim di Amerika Serikat. (Foto KBRI Washington DC)

RM.id  Rakyat Merdeka - Diaspora Indonesia yang berusia lanjut atau lansia di Amerika Serikat, termasuk yang berada di wilayah Washington DC dan sekitarnya, memiliki cara unik merayakan Lebaran di tengah Covid-19. Mereka meng- gelar halal bihalal online pada 25 Mei 2020 dengan menyanyi, berpuisi, tebak lagu nostalgia hingga memamerkan foto-foto lama.

Acara ini juga dihadiri Iwan Freddy Hari Susanto, Kuasa Usaha Ad-Interim (KUAI)/ Wakil Duta Besar RI untuk Amerika Serikat.

Menariknya, guna mengingatkan sekaligus mengobati kerinduan terhadap suasana Ta- nah Air, lagu-lagu daerah seperti Kampuang Nan Jauh di Mato, Bengawan Solo, Gelang Si Paku Gelang, Juwita Malam dan sebagainya, mewarnai penampilan mereka. Tak mengherankan karena umumnya para lansia ini sudah puluhan tahun bermukim di AS.

Baca juga : Lebaran di Rumah, Nico Saputro Silaturahmi Lewat Video Call

Profesi mereka pun cukup beragam, mulai dari mantan penyiar radio, insinyur, perawat, profesional, guru, pengusaha, hingga ibu rumah tangga. Acara dipandu secara apik oleh Angela Widowati, Gaby Hasnan dan Meirina Hutabarat yang merupakan anggota Tim Satgas Lansia KBRI Washington DC ini jadi ajang saling kangen yang sangat efektif bagi mereka.

Bahkan, acara ini juga diikuti sebagian lansia yang berada di Florida, Abu Dhabi dan Jakarta. Acara halal bihalal juga memperkenalkan 10 koordinator grup WA kelompok lansia yang setiap hari langsung berkomunikasi dengan para anggotanya.

Malik Abdullah, misalnya, salah satu tokoh Minang yang tinggal di Maryland ini memamerkan keahliannya memainkan gitar sembari menyanyikan lagu Kampuang Nan Jauh di Mato. Sedangkan Isweni Bakrie yang dulunya pernah bekerja sebagai staf Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Washington DC memilih untuk membacakan puisi gubahannya. 

Baca juga : Ramadan Dan Lebaran Lancar, Mahfud MD Apresiasi Aparat Di Lapangan

Acara ini mendapatkan sambutan yang sangat positif. Ari Peach misalnya, warga Indonesia yang dulunya redaktur dan kini masih aktif main angklung bersama House of Angklung ini menyebut bahwa keberadaan dan beragam program kelompok lansia menunjukkan, mereka saling mendukung dan menjadi wahana memperkuat persaudaraan yang efektif.

Sedangkan, Uyung Asikin, juga mengapresiasi acara ini karena dapat mengakrabkan para lansia di Washington, DC dan sekitarnya. Ketika memberikan sambutan, KUAI Iwan Freddy menegaskan rasa bangganya melihat antuasime para lansia dalam merayakan Lebaran secara daring.

“Keberadaan ibu-ibu dan bapak-bapak para lansia yang tetap produktif selama ini, men- jadi sumber inspirasi dan tauladan yang luar biasa bagi masyarakat Indonesia di AS,” ujarnya.

Baca juga : Lebaran Di Tengah Pandemi di Negeri Para Nabi Yordania, Gelar Halal Bi Halal Online

Sementara, menurut Theo S Nugroho, selaku Ketua Tim Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 KBRI Washington, DC, masyarakat lansia di Washington DC dan sekitarnya, merupakan kelompok yang justru paling aktif mengadakan berbagai kegiatan positif saat terjadi Covid-19. Baik melalui program penyuluhan kesehatan, saling sapa dan berbagi pengalaman.

“Mengingat positifnya hasil-hasil yang dicapai dari keberadan group lansia ini, sistem komunikasi antar lansia ini akan terus dipertahankan. Bahkan setelah berakhirnya wabah Co- vid-19,” ujar diplomat Indonesia yang sebelumnya pernah bertugas di Spanyol, Peru dan Kuba.

Selama masa pandemi Covid-19, KBRI Washington DC memberikan prioritas kepada para lansia, yang antara lain diwujudkan dengan memberikan termometer, masker hingga penyuluhan kesehatan secara berkala. Acara halal bihalal secara daring bagi para lansia di Washington, DC dan sekitarnya ini ditutup dengan foto bersama. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.