Dark/Light Mode

Abis Lebaran, Pelindo III Kerja Normal Via Online

Rabu, 20 Mei 2020 12:29 WIB
Pelindo III kembali normal kerja dengan layanan online paska Lebaran.
Pelindo III kembali normal kerja dengan layanan online paska Lebaran.

RM.id  Rakyat Merdeka - Karyawan Pelindo III akan kembali bekerja secara normal sebagai langkah penyesuaian diri dengan ekosistem bisnis logistik dan kemaritiman untuk menggerakkan kembali ekonomi nasional usai Hari Raya Idul Fitri.

Direktur Utama Pelindo III, Doso Agung mengatakan, skenario new normal yang diimplementasikan perseroan tetap mengedepankan layanan digital, atau online untuk kegiatan operasional, tetap Work From Home (WFH) serta menjalankan protokol kesehatan.

"Mengacu pada surat edaran Menteri BUMN Nomor 336/MBU/05/2020 tentang Antisipasi Skenario The New Normal Badan Usaha Milik Negara, karyawan di Pelindo III akan kembali bekerja penuh setelah Idul Fitri," katanya dalam keterangan resminya, Rabu (20/05).

Doso menjelaskan, Pelindo III mempersiapkan skema antisipasi skenario tatanan baru, mulai dari penerapan protokol kesehatan, penerapan bekerja dari rumah, hingga penerapan layanan digital untuk kegiatan operasionalnya. 

Baca juga : Siapkan SOP New Normal dengan Jelas

Selama pandemi dan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), kata Doso, pelayanan jasa kepelabuhanan tidak pernah berhenti tetap beroperasi 24 jam dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Ia menegaskan, khusus pelayanan kapal internasional, sebelum sandar menjalani pemeriksaan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP). 

"Kapal hanya diizinkan untuk bersandar apabila sudah dinyatakan bersih dan dapat melakukan kegiatan bongkar muat barang maupun penumpang," ujarnya.

Selama ini, Doso mengakui sistem pelayanan kepelabuhan di Pelindo III telah berbasis internet dengan menggunakan Port Operation Command Center atau (POCC). 

Baca juga : Antisipasi Skenario The New Normal, KAI Siapkan Protokol

Layanan tersebut, bertujuan untuk meningkatkan pelayanan dalam kegiatan kepelabuhan dengan mengatur seluruh aktivitas kepelabuhanan, baik bongkar muat maupun jadwal sandar kapal di pelabuhan.

"Layanan ini demi kenyamanan para mitra bisnis seiring semakin meningkatnya aktivitas kapal dan bongkar muat barang di sejumlah pelabuhan yang dikelolanya," jelasnya.

Dia menambahkan, Pelindo III juga sudah menerapkan pelayanan dan operasional berbasis digital melalui berbagai sistem dan aplikasi. Beberapa di antaranya seperi single portal Integrated Billing System (IBS) yang memiliki layanan e-regristration, e-booking, e-tracking, e-payment, e-invoice, e-billing, dan e-care.

Begitu juga dengan meeting tambatan online yang memudahkan perusahaan pelayaran dan agen kapal  rapat dari kantornya masing-masing. 

Baca juga : Lebaran, Momentum Kader PAN Berdamai

"Pelayaran bisa koordinasi untuk merencanakan tambatan dan berkomunikasi langsung dengan petugas tambatan Pelindo III dan otoritas pelabuhan untuk penetapan tambatan," tuturnya.

Doso memastikan saat ini, Pelindo III tengah mengujicoba Epilot di pelabuhan Tanjung Perak. Dirinya, berharap nantinya kapal dapat masuk ke pelabuhan dengan bantuan sistem digital.

Menurutnya, semua layanan tersebut merupakan sebuah web portal elektronik yang didesain khusus bagi para pelanggan dan dapat diakses secara daring secara aman serta mudah. 

"Para pengguna jasa dapat menggunakan layanan daring dari Pelindo III sehingga tidak perlu datang ke terminal atau pelabuhan untuk mendapatkan layanan jasa kepelabuhanan dari Pelindo III,” ucapnya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.