Dewan Pers

Dark/Light Mode

Pulihkan Ekonomi Malaysia, PM Muhyiddin Luncurkan Paket Stimulus Rp 114 T

Jumat, 5 Juni 2020 22:17 WIB
PM Malaysia Muhyiddin Yassin (Foto: Instagram)
PM Malaysia Muhyiddin Yassin (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - PM Malaysia Muhyiddin Yassin meluncurkan Paket Stimulus Ekonomi Nasional (Penjana) untuk menghidupkan kembali ekonomi negara tersebut, setelah dihantam pandemi Covid-19.

Program bertema 'Bersama Membangkitkan Ekonomi' itu memiliki tiga pilar pokok. Yakni memberdayakan rakyat, meningkatkan aktivitas perniagaan, dan merangsang kegiatan ekonomi.

Berita Terkait : Pulihkan Ekonomi, BI Tambah Injeksi Ke Perbankan Rp 167,7 T

Penjana merupakan strategi keempat yang diambil pemerintah Malaysia, dalam menghadapi tantangan Covid-19.

"Paket stimulus itu terdiri dari 40 program senilai 35 miliar ringgit Malaysia (Rp 114 triliun). Dari jumlah tersebut, 10 miliar ringgit Malaysia merupakan suntikan langsung dari fiskal pemerintah," kata Muhyiddin dalam pidato Rencana Pemulihan Ekonomi Nasional Jangka Pendek di Putrajaya, Jumat (5/6).

Berita Terkait : Pulihkan Ekonomi, China Izinkan Pesawat Carter Masuk

Dalam kesempatan tersebut, Muhyiddin juga menjelaskan keadaan ekonomi Malaysia saat ini. "Tanpa perlindungan, Malaysia menghadapi tantangan yang menakutkan. Karena tingkat pengangguran naik 3,9 persen, menjadi sekitar 610.000 pada Maret 2020," papar Muhyiddin.

Menurut perkiraan Biro Pusat Statistik Malaysia, tingkat pengangguran di negara yang terkenal dengan menara kembar Petronas itu meningkat 5,5 persen, atau lebih dari 860.000 kasus tahun ini.

Berita Terkait : Bupati Taput Tanam Jagung dan Padi Saat Pandemi

"Namun, saya dan Kabinet akan memastikan bahwa kami dapat mengatasi masalah ini. Kami akan terus berupaya membendung laju penyebaran Covid-19, dan memastikan bahwa perekonomian negara akan kembali kompetitif," kata Muhyiddin. [HES]