Dark/Light Mode

Iwan Bogananta Paparkan Cara Jadikan Eropa Timur sebagai Pasar Produk RI

Rabu, 17 Juni 2020 09:35 WIB
Iwan Bogananta (Foto: Istimewa)
Iwan Bogananta (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Iwan Bogananta mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) sebagai calon Dubes di Komisi I DPR, Senayan, Selasa (16/6) dengan lancar. Dia diajukan Presiden Jokowi untuk menjadi calon Dubes RI untuk Republik Bulgaria merangkap Republik Albania dan Republik Makedonia.

Selama uji kelayakan, Iwan memaparkan bagaimana menjadikan Bulgaria, Albania, dan Makedonia sebagai akses pasar produksi Indonesia terhadap negara-negara di Eropa Timur. "Dalam program kerja di bidang perdagangan, ada beberapa catatan penting dan harus segera direalisasikan beberapa waktu ke depan," katanya.

Baca juga : Gelora Wakafkan Waktu dan Tenaga Untuk Rakyat

Pertama, melanjutkan dan meningkatkan aktivitas kerja sama perdangan dengan serta menyelenggarakan forum bilateral, antara Indonesia dan ketiga negara. Kedua, melibatkan kelompok pengusaha lebih luas, melalui asosiasi dan jejaring usaha, serta penyedia dukungan ekspor utama.

"Jadi, kita akan memfasilitasi terbentuknya forum dengan seluruh pelaku ekonomi. Mulai dari eksportir terkemuka hingga pelaku UMKM yang tepat. Jadi, nantinya akan ada wadah pertemuan antara pelaku bisnis dari Indonesia dengan para calon buyer dan market entry di Bulgaria, Albania, dan Makedonia," jelas Iwan.

Baca juga : Zverev Abaikan Aturan Jaga Jarak

Ketiga, Bendahara Umum PKPI ini menerangkan, akan memfasilitasi perluasan kerja sama ekonomi antarnegara. Tentunya, langkah ini akan sesuai dengan pengembangan roadmap investasi dan perdagangan. "Memaksimalkan upaya lobi dan advokasi untuk menciptakan kebijakan di masing masing negara. Sehingga mempermudah aktivitas perdagangan antar negara," ujarnya.

Keempat, membangun infrastruktur yang kuat. Iwan mengungkapkan, cara yang akan diambil dengan memperluas keterlibatan stakeholder dan memanfaatkan platform media yang tepat. Diantaranya, membangun kejasama dengan pihak ketiga, seperti pelaku ekonomi kreatif, start up, dan asosiasi terkait.

Baca juga : Pertamina Berdayakan Warga Binaan Lapas Dumai Produksi Face Shield dan Masker

"Kita juga akan mengoptimalkan teknologi informasi dalam upaya meningkatkan kinerja pedagangan dan memasyarakatkan produk indonesia di tiap negara," tutupnya. [MRA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.