Dark/Light Mode

Sigap Tangani Pengungsi Rohingya, Indonesia Dipuji AS

Jumat, 10 Juli 2020 20:26 WIB
Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS, Morgan Ortagus  (Foto: Net)
Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS, Morgan Ortagus (Foto: Net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS Morgan Ortagus memuji sikap pemerintah Indonesia dan otoritas setempat, dalam merespon kedatangan 99 pengungsi Rohingya di perairan Aceh Utara pada 24 Juni lalu.

Tim Medis PMI Aceh Utara memberikan pelayanan kesehatan kepada pengungsi Rohingya, yang terdampar di perairan Aceh Utara pada 24 Juni 2020. (Foto: PMI)

Ortagus juga mengakui adanya koordinasi erat antara Indonesia dengan Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR) dan Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM).

Baca juga : Hasil Voting, Perdamaian KSP Indosurya Disetujui

"Kami menghargai tindakan kemanusiaan Indonesia, dalam merespon populasi rentan Rohingya. Indonesia telah berperan sebagai pemimpin di lingkup ASEAN, terkait isu yang mendesak ini. Ini menjadi contoh kuat bagi negara-negara di kawasan, dan seluruh komunitas internasional," ujar Ortagus.

Ia menyebut, AS mendorong pembagian tanggung jawab dan kerja sama regional dalam operasi pencarian dan penyelamatan, serta pendaratan yang aman dan manusiawi bagi mereka yang paling rentan yang tiba di pantai negara-negara ASEAN. Terutama, selama pandemi Covid-19.

Baca juga : Ujung-ujungnya Corona Diduitin

"Pada saat yang bersamaan, kami sangat terusik mendengar laporan bahwa militer Birma telah melakukan tindakan ofensif di kota Rathedaung, negara bagian Rakhine, yang tampaknya telah mengakibatkan ribuan orang terlantar. Termasuk, etnis Rakhine dan Rohingya," papar Ortagus.

"Kami menyatakan keprihatinan mendalam terkait eskalasi kekerasan antara militer Birma dan tentara Arakan, serta dampaknya terhadap masyarakat setempat. Kami menegaskan seruan sebelumnya, tentang penghentian pertempuran, dialog damai, dan upaya baru untuk melindungi komunitas setempat, serta akses untuk organisasi kemanusiaan," pungkasnya. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.