Dark/Light Mode

Ibu, Kakak dan Istrinya Terima Fee Rp 3 M Dari LSM, PM Kanada Terancam Dipolisikan

Sabtu, 11 Juli 2020 20:46 WIB
Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dan istri, Sophie.
Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dan istri, Sophie.

RM.id  Rakyat Merdeka - Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau tengah dihujani kritik di negerinya. Gara-garanya, ibu, kakak dan istri orang nomor satu Kanada ini diketahui menerima fee dari LSM. Nah, diduga fee ini didapat karena pengaruh kekuasaan Trudeau. 

Oposisi di negeri itu, Partai Konservatif telah meminta polisi mengusut, apakah ada pelanggaran yang terjadi saat pemerintah memberikan kontrak senilai hampir 1 miliar dolar kanada kepada LSM bernama WE Charity

LSM ini sudah mengakui membayar hampir 300 ribu dolar Kanada (Rp 3 miliar) kepada ibu, kakak dan istri Trudeau sebagai imbalan berbicara di acara yang digelar LSM ini. 

Baca juga : KAI Yakin Bisa Lunasi Dana Talangan Di 2027

Sebelumnya, Trudeau sudah mengakui punya peran dalam memuluskan kontrak yang didapat WE Charity. LSM ini disebut mendapat kontrak senilai 900 juta dolar yang digunakan untuk beasiswa senilai 5 ribu dolar kepada siswa yang menjadi relawan selama pandemi corona. 

“Kami tahu ada keuntungan finansial yang signifikan yang didapat keluarga Perdana Menteri,” ucap politisi Partai Konservatif Michael Barret. “Jelas ada bukti yang cukup agar masalah ini diinvestigasi polisi,” tegasnya. 

WE Charity diketahui membayar Ibu PM Trudeau, Margaret sebesar 250 ribu dolar untuk berbicara di 28 acara yang digelar organisasi ini antara tahun 2016 sampai 2020. 

Baca juga : Indonesia Terima Dana Rp 840 Miliar Dari Norwegia Saat Pandemi

Sementara kakak Trudeau, Alexander menerima 32 ribu dolar untuk partisipasinya di acara WE Charity. 

Sedang istri Trudeau, Sophie menerima 1.500 dolar untuk partisipasinya di acara WE Charity pada 2012, sebelum Trudeau mengambil alih kepemimpinan Partai Liberal. [KRS]

 
   
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.