Dark/Light Mode

Rayakan HUT Ke-75 RI

KBRI Roma Gelar Acara Ceria Merdeka Online 2020

Rabu, 5 Agustus 2020 17:23 WIB
Duta Besar Esti Andayani mengajak WNI untuk tetap bersemangat dalam memperingati dan memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia. (Foto KBRI Roma)
Duta Besar Esti Andayani mengajak WNI untuk tetap bersemangat dalam memperingati dan memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia. (Foto KBRI Roma)

RM.id  Rakyat Merdeka - Meskipun perkembangan penanganan Covid-19 di Italia sudah sangat kondusif, negara Menara Pisa itu berada pada fase kedua (hidup berdampingan dengan virus). Jumlah kasus aktif semakin turun (sekitar 12 ribu kasus aktif).

Dalam kaitan tersebut, KBRI Roma melakukan penyesuaian kegiatan Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, melalui program Ceria Merdeka Online 2020.

Program ini berisikan berbagai kegiatan virtual yang dapat diikuti WNI dan Diaspora Indonesia di negara akreditasi (Italia, Siprus, Malta dan San Marino). Beberapa kegiatan dan lomba virtual tersebut, antara lain:

Baca juga : Kebijakan OJK Oke, Jumlah Investor Naik 18 Persen Per Juni 2020

• Bazaar Online yang menjual produk makanan Indonesia seperti pempek, berbagai varian nasi, siomai, bakso, sate, berbagai kue tradisional Indonesia dan lainnya. Selain itu dijual pula produk-produk Indonesia seperti baju batik, masker batik, kalung dan bros Indonesia, souvenir dan lainnya.

• Berbagai lomba online (virtual), diantaranya lomba foto, tiktok/vlog, menyanyi, baca puisi/ deklamasi, plating (menghias) makanan Indonesia, kuis 17 Agustus dan lainnya. Kegiatan akan dilaksanakan pada 1-19 Agustus 2020.

• Webinar "Bincang Ringan Inspirasi dan Kreativitas Menulis" dengan penulis novel Habiburrahman el Shirazy, pada 12 Agustus 2020.

Baca juga : Bangkitkan Ekonomi, Bandung Gelar Great Sale Go Online 2020

• Demo masak makanan Indonesia via FB Live KBRI Roma pada 13 Agustus 2020.

Selain itu, KBRI Roma juga akan menyiarkan secara online melalui FB live kegiatan upacara bendera HUT Ke-75 Kemerdekaan RI. Pada tahun ini, upacara bendera akan dilakukan di KBRI Vatikan merujuk pada kesepakatan penyelenggaraan Upacara Bendera HUT RI secara bergantian.

Kegiatan upacara akan diselenggarakan dengan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, mempertimbangkan jaga jarak serta jumlah peserta yang terbatas. Duta Besar RI untuk Roma, Esti Andayani dijadwalkan untuk bertindak sebagai Pembina Upacara pada upacara tersebut. 

Baca juga : Budayakan Hidup Sehat, Kemendes Gelar Acara Bersepeda

Dalam video menyambut rangkaian kegiatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI bertajuk "Indonesia Maju", Duta Besar Esti Andayani mengajak seluruh WNI di negara akreditasi untuk tetap bersemangat dalam memperingati dan memeriahkan kemerdekaan Indonesia.

Selain itu, para WNI juga dihimbau tetap waspada, menjaga kesehatan dan kebersihan untuk menghindari penularan Covid-19. Saat ini tercatat 3.144 WNI di Italia, sementara 326 WNI di Malta, dan 72 WNI di Siprus. Situasi dan kondisi warga negara Indonesia di negara akreditasi cukup kondusif dan aman.[MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.