Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Lewat Zoom, KBRI Roma Gelar Peringatan Nuzulul Quran di Italia

Senin, 18 Mei 2020 15:26 WIB
KBRI Roma menggelar kegiatan peringatan Nuzulul Quran secara virtual (daring) melalui aplikasi Zoom pada Jumat malam (15/5). (Foto: KBRI Roma)
KBRI Roma menggelar kegiatan peringatan Nuzulul Quran secara virtual (daring) melalui aplikasi Zoom pada Jumat malam (15/5). (Foto: KBRI Roma)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di tengah situasi Fase Kedua penanganan Covid-19 di Italia, KBRI Roma menggelar kegiatan peringatan Nuzulul Quran secara virtual (daring) melalui aplikasi Zoom pada Jumat malam (15/5).

Acara diikuti langsung sekitar 50 peserta, terdiri atas para mahasiswa Indonesia di Italia, ABK Kru kapal pesiar Indonesia di Italia, dan WNI yang tersebar di berbagai kota di Italia. Dubes RI Roma, Esti Andayani, dan jajaran staff KBRI Roma, dengan tetap mengikuti protokol kesehatan physical distancing, mengikuti kegiatan tersebut dari Wisma Indonesia, demikian berdasarkan keterangan tertulis dari KBRI Roma.

Sementara penceramah K.H. Dr. Ahmad Ichwani, Lc, MA, menyampaikan tausiyah (ceramah) dari Kairo Mesir, jamaah (peserta) lainnya terhubung secara online dari Roma, Milan, Firenze, Jakarta dan lainnya.

Kegiatan Peringatan Nuzulul Quran bersifat terbuka dan disiarkan pula melalui FB Live KBRI Roma, dan diikuti masyarakat Indonesia di Italia, tanpa memandang latar belakang dan agama.

Baca juga : Wali Kota Solo Persilakan 100 ABK Dikarantina di Hotel

Dalam kata pembukanya, Dubes RI Roma menyampaikan apresiasi kepada semua pihak, di tengah situasi dan kondisi yang sedang terjadi di Italia, mereka tetap bersemangat untuk menjalankan aktivitas dan ibadah serta meningkatkan tali silaturahmi melalui kegiatan online.

Dalam kaitan ini, Dubes RI Roma juga menjelaskan rangkaian kegiatan Ramadhan yang digelar secara online oleh KBRI Roma yaitu Web Rahmah (We will be better Ramadhan Penuh Berkah). Acara Nuzulul Quran dibuka dengan pembacaan ayat suci Al Quran dan saritilawahnya oleh peserta Web-Rahmah secara online / virtual, yaitu Hj. Dhurroh Effendi (DWP KBRI Roma) dan Zayna Waskito (peserta Tadarus Anak Web-Rahmah).

KBRI Roma menggelar kegiatan peringatan Nuzulul Quran secara virtual (daring) melalui aplikasi Zoom pada Jumat malam (15/5).

Dalam bagian lain sambutan pembukanya, Dubes menjelaskan Al Quran merupakan babak baru peradaban yang membawa manusia dari fase kegalapan (dhuluma) menuju fase pencerahan (nuur), dimana di dalamnya berisi berbagai pedoman mengarungi hidup termasuk saat kita berada di masa musibah pandemi.

Baca juga : Gandeng Garuda, KBRI Bangkok Pulangkan 356 WNI Terdampar di Thailand

"Saya percaya perintah membaca, mengamati, menyelidi, berpikir, penggunaan ilmu pengetahuan dan teknologi serta hal-hal lainnya terkait dengan Surat Al-Alaq yang pertama kali turun, sangatlah relevan dengan situasi saat ini, di tengah situasi pandemi Covid-19 yang melanda berbagai negara", katanya.

Dilanjutkannya bahwa kesemuanya tadi semakin mendukung konsepsi Islam sebagai rahmatan lil alamiin. Dalam penjelasan tausiyah Nuzulul Quran, penceramah KH. Dr. Ahmad Ichwani menjelaskan makna, hakikat dan esensi Nuzulul Quran serta Al Quran sebagai pedoman hidup.

Penjelasan dilakukan secara komprehensif mengkaitkan Al-Quran dalam konteks ibadah maupun muamalah, termasuk pentingnya memperkuat kecerdasan intelektual, kecerdasan spiritual dan emosional termasuk penguatan tali silaturahmi antar manusia.

Dalam sesi tanya jawab, para peserta cukup antusias mengajukan berbagai pertanyaan misalnya kajian dan hukum mengenai aplikasi Al Quran di telepon genggam, syariah penanganan korban Covid-19 dengan cara kremasi, sholat Idul Fitri pada masa pandemi, anjuran Paus Benediktus XIV untuk berpuasa dan toleransi hubungan dekatnya dengan Imam Al Azhar Mesir, pentingnya dakwah di lingkungan di Italia, hukum halal haram pada makanan suguhan, serta berbagai pertanyaan lainnya.

Baca juga : Imbas Covid-19, Peringkat Utang RI Jadi Negatif

Kegiatan peringatan Nuzulul Quran merupakan bagian dari program Ramadhan Web-Rahmah KBRI Roma yang telah berlangsung semenjak awal Ramadhan 2020. Kegiatan ini akan berlangsung selama bulan Ramadhan dengan berbagai program kegiatan untuk umum, wanita dan anak-anak selama enam hari setiap minggunya (Senin-Sabtu).

Saat ini diperkirakan terdapat lebih dari 1,6 juta atau sekitar 2.6 persen populasi komunitas Muslim di Italia. Kehidupan beragama di Italia cukup harmonis, kondusif dan baik.

Sementara itu, komunitas Islam Indonesia di Italia tersebar di berbagai kota diantaranya Roma, Milan, Firense, Parma dan lainnya. Komunitas Islam di Italia tergabung dalam beberapa organisasi, diantaranya KMIM (Komunitas Muslim Indonesia-Milan), KMIR (Komunitas Muslim Indonesia-Roma), IQRA, NUR (Nadwah Ukhuwah Roma) dan lainnya. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.