Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ratusan Diaspora Indonesia Meriahkan HUT RI Virtual di Swiss

Senin, 17 Agustus 2020 23:53 WIB
Upacara Peringahat HUT ke-75 RI di KBRI Bern. (Foto: KBRI Bern)
Upacara Peringahat HUT ke-75 RI di KBRI Bern. (Foto: KBRI Bern)

RM.id  Rakyat Merdeka - Rangkaian peringatan HUT ke-75 RI virtual, termasuk upacara bendera yang disiarkan secara langsung, diikuti ratusan diaspora dan keluarga besar masyarakat Indonesia di Swiss dan Liechtenstein dengan antusias. Duta Besar RI di Bern, Muliaman Hadad, secara khusus menyampaikan pesan untuk terus semangat mengisi 75 tahun kemerdekaan Indonesia dengan berkarya sesuai bidang keahlian masing-masing demi Indonesia maju.

Mempertimbangkan kondisi pandemi Covid-19, KBRI Bern menggelar rangkaian perlombaan virtual yang bisa diikuti masyarakat dan diaspora Indonesia di Swiss dan Liechtenstein di rumah masing-masing. Seperti keterangan yang diterima redaksi, perlombaan yang diselenggarakan antara lain, lomba foto bertema Indonesia di Swiss/Liechtenstein, lomba foto busana nasional, lomba video Indonesian Got Talent, lomba video bertema Saya Cinta Indonesia, dan lomba menggambar bertema Aku Anak Indonesia. Tidak hanya perlombaan virtual, KBRI Bern juga telah mengadakan pertandingan badminton yang diselenggarakan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Baca juga : Pelajar SD Ini Rayakan HUT RI di Puncak Gunung Lawu

Khusus tahun ini, telah diselenggarakan juga kegiatan virtual lainnya, yaitu bazar online dan webinar kebangsaan, yang juga diikuti dengan antusias. Bazar secara daring dapat memberikan kesempatan bagi para diaspora Indonesia yang berkarya di bidang kuliner, bukan hanya untuk mempromosikan kuliner Indonesia tidak hanya kepada para diaspora lainnya, namun juga kepada warga Swiss dan Liechtenstein. 

KBRI Bern juga telah menyelenggarakan webinar kebangsaan yang bertema Cerita Diaspora Indonesia di Negeri Alpen dalam konteks Indonesia Maju, yang selaras dengan tema utama peringatan HUT ke-75 RI. Webinar ini menghadirkan empat orang narasumber yang merupakan diaspora Indonesia di negara akreditasi, yang berprestasi di bidangnya masing-masing. Webinar tersebut membahas kisah suka dan duka para narasumber selama tinggal di negara akreditasi, termasuk cara mengatasi tantangan dan nilai-nilai Indonesia yang masih lekat dalam diri masing-masing.

Baca juga : Nenek Ini Sudah 53 Kali Ikut Peringatan HUT RI di Ethiopia

Selepas upacara penaikan bendera, selain mengumumkan nama-nama pemenang perlombaan, KBRI Bern juga membagikan door prize ke para WNI yang telah mendaftarkan diri di laman portal peduli WNI. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.