Dark/Light Mode

Pelajar SD Ini Rayakan HUT RI di Puncak Gunung Lawu

Senin, 17 Agustus 2020 21:59 WIB
Pelajar SDIT Islamicity Tengareng Fayyadh Qaishar Syafiq mengibarkan Bendera Merah Putih di Puncak Hargo Dumilah, Gunung Lawu, Karang Anyar, Jawa Tengah, Senin (17/8). (Foto: Istimewa)
Pelajar SDIT Islamicity Tengareng Fayyadh Qaishar Syafiq mengibarkan Bendera Merah Putih di Puncak Hargo Dumilah, Gunung Lawu, Karang Anyar, Jawa Tengah, Senin (17/8). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelajar SDIT Islamicity Tengareng Fayyadh Qaishar Syafiq (12) melakukan pendakian dalam rangka HUT ke-75 RI, di Puncak Hargo Dumilah, Gunung Lawu, Karang Anyar, Jawa Tengah. Pendakian yang memakan waktu kurang lebih 12 jam melalui Candi Cetho ini ditemani kabut yang cukup tebal dan cuaca yang cukup dingin.

Gunung yang mempunyai ketinggian mencapai 3.265 MDPL (meter di atas permukaan laut) ini bisa di tempuh melalui beberapa jalur, di antara Cemoro Kandang, Cemoros Sewo, Jogorowo, dan Cetho. Pendakian menerapkan protokol kesehatan, yakni harus membawa masker, hand sanitizer, surat kesehatan bagi pendaki. Selain itu, setiap harinya kuota pendaki juga dibatas hanya sekitar 350 orang di setiap posnya.

Baca juga : Nenek Ini Sudah 53 Kali Ikut Peringatan HUT RI di Ethiopia

Dalam pendakian yang dimulai sejak pagi, pukul 06.00 WIB, Fayyadh mengaku senang. Sebab, bisa menjelajah alam di gunung yang terkenal "mistis " tersebut. Ternyata, jalur lewat Pos Cetho memiliki pemandangan yang sangat indah dan penuh tantangan. “Penuh tanjakan yang berliku dan cuaca yang dingin,” ujar Fayyadh.

Di atas Puncak Hargo Dumilah, pelajar kelas 6 SD ini mengibarkan Bendera Merah Putih sebagai bentuk syukur memperingati HUT ke-75 RI. Ia berharap, semua anak Indonesia bisa menikmati keindahan gunung-gunung yang ada di Tanah Air.

Baca juga : Semarakkan HUT RI Ke-75, Pemprov DKI Minta Warga Pasang Bendera

Tim pendamping yang menemani Fayyadh, Febby Indrawan, mengatakan, jalur Cetho dipilih karena pemandangan dan tantangan yang luar biasa. "Bisa ditempuh 10 sampai 12 jam dengan tantangan cuaca dingin berkisar 10 drajat dan pendakian yang cukup memakan waktu lama,” tuturnya.

Fayyadh, yang juga hobi bermain bola dan layang-layang, memang sering mendaki dan menjelajah ke berbagai wilayah. Di antaranya, mendaki Gunung Ciremai, Gunung Gede, Gunung Kencana, Gunung Munara, Gunung Prau, Gunung Sumbing, Gunung Merbabu, Puncak Lalana, serta Gunung Batu. Fayyadh juga pernah menjelajah ke Gunung Uludag di Turki dan Gunung Soreak di Korea Selatan. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.