Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Nenek Ini Sudah 53 Kali Ikut Peringatan HUT RI di Ethiopia

Senin, 17 Agustus 2020 20:55 WIB
Juru masak di KBRI Addis Ababa (dari kiri): Ibu Askale, Ibu Ashu, dan Ibu Almaz (Foto: KBRI Addis Ababa)
Juru masak di KBRI Addis Ababa (dari kiri): Ibu Askale, Ibu Ashu, dan Ibu Almaz (Foto: KBRI Addis Ababa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ashu Dema, seorang nenek Ethiopia berusia 69 tahun, staf KBRI Addis Ababa, telah mengikuti upacara dan kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI sebanyak 53 kali di Kedutaan Besar RI (KBRI) Addis Ababa. Hitungan itu termasuk untuk tahun 2020. 

“Saya mulai bekerja disini ketika berusia 16 tahun. Saya selalu mengikuti upacara bersama staf KBRI yang lain. Saya juga membantu semua kegiatan peringatan HUT RI, terutama memasak,” kata Ashu usai upacara bendera peringatan HUT ke-75 RI di halaman KBRI Addis Ababa, Senin (17/8).     

 

Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti, dan Uni Afrika Al Busyra Basnur (kanan) dan istri, Wenny Busyra berfoto bersama Juru Masak KBRI Addis Ababa: Ibu Askale, Ibu Ashu, dan Ibu Almaz. (Foto: KBRI Addis Ababa)

Baca juga : Peringatan HUT RI Di Selandia Baru Sederhana Tapi Tetap Istimewa

Sementara itu, dua ibu Ethiopia lain yaitu Almaz Neguse dan Askale Wadarufael yang juga bekerja di KBRI Addis Ababa telah puluhan tahun pula mengikuti upacara bendera dan kegiatan peringatan HUT RI di KBRI Addis Ababa. 

Almaz telah mengikuti upacara HUT RI sebanyak 40 kali sedangkan Askale 30 kali. Ketiga ibu Ethiopia itu mengatakan senang sekali bekerja di KBRI Addis Ababa.

Sayang, meskipun telah bekerja di KBRI lebih setengah abad, Ashu belum pernah berkunjung dan melihat Indonesia, demikian pula halnya Almaz dan Askale.  

Baca juga : Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Rusia Tetap Khidmat dan Meriah

“Kami cinta sekali dengan Indonesia, orangnya baik, sehingga kami senang bekerja di kedutaan ini,” kata mereka bertiga. 

Tahun 2019, ketiga ibu Ethiopia ini menerima piagam penghargaan dari Duta Besar RI atas dedikasi dan pengabdian mereka bekerja di KBRI Addis Ababa. Piagam tersebut diserahkan dalam acara khusus usai upacara bendera.  

“Ketiga ibu Ethiopia itu pintar berbahasa Indonesia dan mahir memasak berbagai jenis masakan Indonesia. Bahkan mereka juga mengajarkan beberapa orang Ethiopia memasak masakan Indonesia,” kata Al Busyra Basnur, Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika. 

Baca juga : Jokowi Ajak 267 Juta Rakyat Indonesia Ikuti Peringatan HUT RI

“Upacara peringatan HUT RI tahun ini di KBRI Addis Ababa hanya diikuti oleh staf KBRI dan keluarga serta beberapa pimpinan perusahaan Indonesia di Ethiopia, karena adanya protokol pandemik Covid-19. Tidak seperti tahun lalu, kami mengundang sekitar 100 pemuda Ethiopia, pengusaha dan sahabat Indonesia lainnya di Ethiopia,” tambah Duta Besar Al Busyra Basnur. [KRS]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.