Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

3 PPI Jepang Gelar HUT Virtual ke-75 Kemerdekaan RI!

Minggu, 23 Agustus 2020 10:19 WIB
Info HUT Kemerdekaan RI Virtual di Jepang.
Info HUT Kemerdekaan RI Virtual di Jepang.

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari ini, Minggu (23/8), para mahasiswa Indonesia yang tergabung dalam Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) di Hiroshima, Yamaguchi dan Shimane-Tottori, Jepang melaksanakan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekan Republik Indonesia.

Acara yang dilaksanakan di Higashihiroshima ini, disiarkan secara live mulai pukul 11:30 JST (Japan Standard Time) atau sekitar pukul 9.30 WIB.

Selain upacara bendera, acara juga diisi sambutan dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo dan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Osaka, serta acara hiburan berupa tarian, pembacaan puisi, dan beberapa acara lainnya.

Duta Besar RI di Tokyo, Tri Purnajaya menyatakan sangat mengapresiasi acara ini. Apalagi, tiga PPI, di Hiroshima, Yamaguchi, Shimane, dan Tottori sudah kerja bareng menyelenggarakan perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-75 ini bagi masyarakat Indonesia di Higashihiroshima.

Dia berharap, kegiatan positif ini dapat terus dilaksanakan, untuk menjaga rasa kecintaan terhadap tanah air, meskipun berada jauh di perantauan. “Saya harap, kegiatan ini juga dapat menjadi media untuk memelihara dan memperkuat keguyuban di antara seluruh WNI dan diaspora Indonesia di Jepang, khususnya di Chugoku Area,” ujarnya.

Baca juga : Gelar Pameran Virtual, Ini Deretan Promo KPR dari BTN

Selain itu, Tri juga mengucapkan terima kasih kepada PPI, karena selama ini telah aktif menjadi mitra KBRI, untuk merangkul dan berkoordinasi dengan para pelajar dan masyarakat Indonesia di Jepang.

Selama pandemi ini, lanjutnya, KBRI telah beberapa kali memberikan bantuan kepada mahasiswa pelajar yang membutuhkan. Termasuk saat ini, KBRI juga bekerjasama dengan PPI, melakukan pendataan mahasiswa yang membutuhkan, untuk menyalurkan bantuan keuangan yang secara simbolis telah disampaikan oleh AEON dan Mitsubishi UFJ Financial Group (MUFG) untuk Indonesia.

Keep up the good work teman-teman PPI! Jangan berhenti belajar dan berkarya. Dirgahayu Indonesia!” ujar Tri bersemangat.

Sementara Konjen RI di Osaka, Mirza Nurhidayat mengingatkan, kegiatan secara daring memang menjadi satu-satunya pilihan yang tepat, efektif dan popular, mengingat pandemi covid-19. Ini juga sejalan dengan kebijakan Pemerintah Jepang, yang hingga kini belum melonggarkan aturan berkumpul dan beraktifitas yang melibatkan banyak orang.

“Karena itu, kami mengimbau agar teman-teman PPI dapat meningkatkan perlindungan kesehatan diri dan lingkungan, dengan mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan,” ujarnya.

Baca juga : HIQ Deklarasikan Kemerdekaan Ekonomi

Namun, meski dalam suasana prihatin akibat pandemi, lanjut Mirza, dia berharapkan PPI dapat meningkatkan kegiatan-kegiatan daring. Sebagai upaya meningkatkan people-to-people contact di tengah kesibukan studi yang sangat melelahkan.

“Salah satunya seperti upacara ini. Atau juga kegiatan promosi sederhana tentang produk Indonesia yang sudah ada di Jepang, seni budaya daerah Indonesia, dan sebagainya,” ujar Mirza.

Di saat yang sama, lanjutnya, pihak Konjen juga mengapresiasi PPI atas kerjasama dan dukungan kepada KJRI Osaka. Dia berharap kerjasama memperkenalkan dan mendorong pemahaman masyarakat Jepang terhadap Indonesia terus bisa dilakukan.

Apalagi, papar Mirza, hingga kini Indonesia belum menjadi destinasi wisata utama bagi wisatawan Jepang, meski Bali sudah sangat popular dan dikenal luas. Untuk itu pula, dia mengimbau PPI dapat membantu menyebarkan informasi terkini, terkait kondisi destinasi wisata yang ada. Termasuk membantu meningkatkan kualitas produk wisata Indonesia, segi pelayanan hingga infrastruktur pendukung.

Di sisi lain, paparnya lagi, hubungan Indonesia dan Jepang yang tahun ini memasuki 62 tahun, telah memberikan banyak pelajaran dan pengalaman. Termasuk kemanfaatan yang dirasakan rakyat kedua negara.

Baca juga : Ini Pesan Trump Ke Jokowi Di Hari Kemerdekaan RI

Salah satunya, ketika masing-masing negara mengalami bencana alam, bantuan dan dukungan pun disampaikan sebagai wujud persahabatan erat kedua negara. Bahkan di masa pandemi ini, Mirza mengungkapkan, Pemerintah Jepang juga telah memberikan bantuan berupa obat-obatan, alat pelindung diri (APD) dan barang medis lainnya.

Terkait pandemi COVID-19 yang saat ini masih belum dapat diprediksi kapan akan berakhir, dia juga mengimbau PPI agar saling memantau dan memberikan bantuan. “Bila ada yang mengalami gejala atau terkonfirmasi covid-19, segera diinformasikan ke KJRI Osaka. Tetap waspada, patuhi protokol kesehatan dan jaga kesehatan diri, keluarga dan lingkunganI” Mirza mengingatkan.

“Selamat merayakan hari ulang tahun kemerdekaan ke-75 RI, sambil menikmati hiburan khas Indonesia. Terutama untuk yang sudah rindu kampung halaman. Dirgahayu Indonesia, dan salam sehat untuk kita semua!” pungkasnya. PYB

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.