Dark/Light Mode

Seleb Kondang Meriahkan VIF Houston 2020

Minggu, 23 Agustus 2020 10:55 WIB
Contoh produk yang ditawarkan oleh vendors melalui bazaar virtual. [Foto: KJRI Houston]
Contoh produk yang ditawarkan oleh vendors melalui bazaar virtual. [Foto: KJRI Houston]

RM.id  Rakyat Merdeka - Bekerjasama dengan Indonesian Chamber of Commerce Southeastern Central USA (IACC-SCU), Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Houston telah menggelar acara Virtual Indonesian Festival (VIF) 2020 di Houston.

Acara VIF diramaikan dengan virtual talks dan bazaar guna memperkenalkan produk dalam negeri dan pertunjukkan tari, musik, serta kuliner Nusantara kepada masyarakat setempat di dalam dan di luar wilayah kerja KJRI Houston.

Turut hadir memeriahkan VIF kali ini Jaya Suprana, pianis, Presiden Direktur Jamu Jago, dan CEO Museum Rekor Indonesia (MURI). Dia hadir dengan permainan pianonya, mengiringi tarian yang sangat erat kaitannya dengan nuansa Jawa dan jamu yang akan dipromosikan di AS.

Penyanyi kondang Tanah Air Vina Panduwinata, Ikang Fawzi, dan musisi James F. Sundah, juga memeriahkan VIF 2020 ini. Tak ketinggalan Chintami Atmanegara yang menampilkan busana rancangannya dalam peragaan busana. Pertunjukan musik dan tari dari Indonesia dan masyarakat Indonesia di AS juga ikut meramaikan acara ini.

Baca juga : Seleb Latin Muda Mendobrak Amerika

Festival yang setiap rutin digelar setiap tahun ini terasa berbeda. Karena tahun ini, festival digelar secara virtual akibat pandemi COVID-19. Namun, tetap dilaksanakannya Indonesian Festival tahun ini, merupakan upaya KJRI untuk tetap menjalankan diplomasi ekonomi, meski di tengah pemberlakuan jarak sosial dan pedoman kesehatan yang diberlakukan di Texas.

Meski dilakukan secara virtual, VIF justru menjadi festival yang unik. Karena vendors dan pengunjung dipertemukan secara borderless (tidak berbatas) waktu dan jarak. Bahkan, tak kurang dari 25 vendors ikut meramaikan Festival ini, baik dari Indonesia maupun AS.

Para vendor memamerkan produk mereka melalui live Youtube dan Facebook yang disaksikan oleh 2000 live viewers. Vendors dituntut untuk membuat video semenarik mungkin untuk menarik calon buyers. Calon buyers yang tertarik kemudian dapat menghubungi nomor kontak dan alamat email yang disiarkan oleh vendors atau melalui panitia VIF.

Berbagai produk Indonesia yang dipromosikan di VIF ini antara lain, Apparel, Fashion, Food, Craft, Service, serta produk lainnya.

Baca juga : BI Perpanjang Kegiatan Operasional Hingga 15 Juli 2020

VIF merupakan wadah yang tepat dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia, yang sedang merintis usaha/bisnis ke luar negeri maupun pengembangan usaha ekspor dan impor dengan AS. VIF dibuka oleh Wakil Menteri Luar Negeri RI, Mahendra Siregar. “Tahun ini kita melakukan adjustment, tapi kita tetap merayakan hari Kemerdekaan Indonesia. Penting sekali bagi kita untuk melanjutkan transaksi bisnis dalam new normal saat ini”, ujarnya.

Sementara Konjen RI Nana Yuliana menyampaikan, volume perdagangan Indonesia-AS tetap stabil pada 2020 di tengah pandemi Covid-19. “Tahun ini kita belajar dari gaptek, menjadi go-tech. Kita tetap semangat untuk Indonesia, untuk mendukung khususnya UMKM” ujarnya.

Pada 2019, volume perdagangan Indonesia-AS mencapai 27.88 miliar dollar AS, dengan surplus di pihak Indonesia sebesar 12.41 dollar AS. Total volume perdagangan Indonesia – AS periode Januari – Juni 2020 sebesar USD 13.7 miliar dollar AS, dengan posisi surplus di pihak Indonesia sebesar USD 6.37 milyar.

VIF merupakan ajang promosi Perdagangan, Pariwisata, Investasi dan Budaya Indonesia di 10 Negara Bagian wilayah kerja KJRI Houston, yaitu Alabama, Arkansas, Florida, Georgia, Louisiana, New Mexico, Mississippi, Oklahoma, Tennessee, Texas, juga US Virgin Island dan Puerto Rico. Tidak hanya di wilayah kerja KJRI, ajang promosi ini juga diikuti oleh masyarakat di wilayah AS lainnya.

Baca juga : Ibu Kota dan Keberpihakan

Peserta VIF 2020 ini melibatkan kalangan pemerintah, yaitu Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koperasi dan UKM. Kalangan pengusaha dari Indonesia dan Amerika Serikat.

Acara ini disponsori oleh Atlantic Container Line Global, BNI, Broadway Energy, Bank Indonesia, Dhara e-Commerce, e-Food Depot, Indostar, Juara Skincare, Nusantara Box, dan Telekom Indonesia International. DAY

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.