Dark/Light Mode

Olimpiade Bahasa Prancis 2020

Lomba Video Kreatif Tingkat SMA dan Perguruan Tinggi

Selasa, 1 September 2020 16:38 WIB
Olimpiade Bahasa Prancis 2020 Lomba Video Kreatif Tingkat SMA dan Perguruan Tinggi

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Prancis di Indonesia menggelar Olimpiade Bahasa Prancis Nasional Tahun 2020 kategori SMA/sederajat dan kategori perguruan tinggi. Finalnya akan berlangsung di Auditorium IFI Thamrin pada 8-9 Oktober 2020. 

Atase Kerja Sama Linguistik Kedubes Prancis di Jakarta Philippe Grange mengatakan, Olimpiade Bahasa Prancis se-Indonesia ini merupakan kesempatan bagi para pelajar dan mahasiswa untuk menunjukkan kreativitas sekaligus kompetensi berbahasa Prancis melalui berbagai lomba.

"Dalam proses penjurian kami juga melibatkan para guru bahasa Prancis di sekolah-sekolah di berbagai daerah dan perwakilan Perhimpunan Pengajar Bahasa Perancis Seluruh Indonesia,” kata Grange dalam keterangannya.

Baca juga : Pilkada 2020 Eranya Kampanye Virtual, Tagar Kreatif Bisa Tentukan Kemenangan Calon

Untuk tingkat SMA/sederajat, babak penyisihan tingkat provinsi lomba video kreatif bertema “Kata yang Kusukai dalam Bahasa Prancis” berlangsung pada 9 Agustus hingga 6 September 2020.

Peserta yang lolos babak penyisihan ini akan mewakili provinsinya di babak final pada 8-9 Oktober 2020 di Jakarta. Pemenang tingkat nasional dan guru pendampingnya akan mendapat kesempatan mengunjungi Prancis selama dua pekan untuk kursus dan jalan-jalan. Seluruh biaya perjalanan, akomodasi dan biaya visa ditanggung IFI-Kedubes Prancis.

Sementara untuk tingkat perguruan tinggi, mahasiswa dari 15 Program Studi Prancis di 15 perguruan tinggi di Indonesia dapat mengikuti lomba video kreatif bertema “Ciri Khas Daerah Saya” dalam bahasa Prancis dengan durasi 2 menit di media sosial Instagram. Babak penyisihan berlangsung pada 9 Agustus sampai 6 September dan babak final di Jakarta pada 8-9 Oktober.

Baca juga : Puan: HUT RI Momentum Tingkatkan Persatuan Dan Gotong Royong

Pemenang utama mendapat perjalanan ke Prancis selama dua pekan. Berikut ketentuan lomba selengkapnya: https://www.ifi-id.com/id/news/olimpiade-bahasa-prancis-2020-lomba-video-kreatif-babak-penyisihan-tingkat-perguruan-tinggi-15-program-studi-bahasa-prancis-se-indonesia.

Berikut daftar perguruan tinggi dengan program studi Prancis yang dapat berpartisipasi. Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis Universitas Negeri Medan, Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis Universitas Lampung, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Semarang.

Ada juga Universitas Negeri Manado, Program Studi Sastra Prancis Universitas Padjajaran, Universitas Indonesia, Universitas Negeri Semarang, Universitas Gadjah Mada, Universitas Hasanuddin, Universitas Halu Oleo serta Program Studi Bahasa Prancis Sekolah Tinggi Bahasa Asing Yapari dan Program Studi Bahasa dan Sastra Prancis Universitas Brawijaya. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.