Dark/Light Mode

Puan: HUT RI Momentum Tingkatkan Persatuan Dan Gotong Royong

Senin, 17 Agustus 2020 11:31 WIB
Ketua DPR Puan Maharani mengenakan pakaian adat Jambi saat memperingati detik-detik proklamasi kemerdekaan RI di Istana. (Foto: ist)
Ketua DPR Puan Maharani mengenakan pakaian adat Jambi saat memperingati detik-detik proklamasi kemerdekaan RI di Istana. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua DPR, Puan Maharani, mengatakan peringatan HUT RI ke-75 jadi momentum untuk menguatkan persatuan dan kerja gotong royong untuk mewujudkan Indonesia maju.

"Indonesia maju adalah tujuan kita semua," kata Puan dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (17/8).

Baca juga : Hadir Di Istana Pakai Tekuluk Bai Bai, Puan Dipuji Warganet

Ketua DPP PDIP ini mengatakan, politik pembangunan Indonesia dapat diarahkan untuk mempercepat pembangunan manusia Indonesia, menguatkan industri pangan nasional, penataan industri nasional yang kuat, pemerataan pembangunan infrastruktur, serta optimalisasi reformasi birokrasi.

Menurutnya, perjuangan mencapai Indonesia maju harus melalui kerja keras dan keberanian menjadi bangsa yang berdikari dan menguasai ilmu pengetahuan serta teknologi. Dia lalu mengutip pidato Presiden Soekarno tentang ancaman kolonialisme yang disampaikan dalam Konferensi Asia Afrika 1955 di Bandung, Jawa Barat.

Baca juga : DPR Dukung Kebijakan Mentan Bikin Sistem Pertanian Modern

"Kolonialisme mempunyai juga baju modern, dalam bentuk penguasaan ekonomi, penguasaan intelektual, penguasaan materiil yang nyata, dilakukan oleh sekumpulan kecil orang-orang asing yang tinggal di tengah-tengah rakyat. Ia merupakan musuh yang licin dan tabah, dan menyaru dengan berbagai cara," ujar Puan mengutip pidato Bung Karno.

Menurutnya, pesan Bung Karno tersebut masih relevan agar bangsa Indonesia mewaspadai dan mampu menangani tantangan zaman. Khususnya dalam menghadapi pandemik Covid-19.

Baca juga : Cukai Hasil Tembakau Dipatok Rp 172 T, Begini Kata Misbakhun

Puan juga mendorong pemerintah untuk meningkatkan penanganan pandemik Covid-19 agar dampaknya tidak meluas menjadi krisis ekonomi dan krisis sosial. “Layanan kesehatan harus ditingkatkan dan merata. Kita juga harus mandiri dalam menyediakan vaksin Covid-19 dan menjaga perekonomian nasional," tuturnya. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.