Dark/Light Mode

Pecah Rekor 2.094.955 Hektar Terbakar, Gubernur California Terapkan Status Darurat

Senin, 7 September 2020 23:12 WIB
Creek Fire di Pegunungan Sierra Nevada, yang menghanguskan areal seluas 45.500 hektar. (Foto: AFP)
Creek Fire di Pegunungan Sierra Nevada, yang menghanguskan areal seluas 45.500 hektar. (Foto: AFP)

 Sebelumnya 
Dalam operasi penyelamatan ini, dua orang mengalami luka serius dan 19 luka ringan.

Ribuan Hektar Terbakar

Baca juga : Pameran Virtual UMKM Terbesar, Pertamina Hadirkan Ratusan Mitra Binaan

Creek Fire di Pegunungan Sierra Nevada telah membakar 45.500 hektar, dan masih belum dapat dikendalikan pada Senin (7/9) pagi waktu setempat. Kebakaran bermula pada Jumat (4/9)malam, dari arah timur laut Danau Shaver. Penyebab pastinya masih diselidiki.

Sementara Valley Fire di San Diego, tenggara Alpine, yang mengamuk pada Sabtu (5/9) telah membakar 9.850 hektar. Hanya 1 persen yang berhasil diselamatkan. Sebelas bangunan hancur dalam kebakaran tersebut. Evakuasi pun dilakukan.

Baca juga : Kedubes Singapura Kebanjiran Ucapan Selamat HUT Dari Petinggi Daerah

Di San Bernardino, El Dorado Fire telah menghanguskan 7.050 hektar lahan. Hanya lima persen, yang berhasil dikendalilan.

Ini adalah kebakaran hutan terburuk dalam sejarah California. Terutama, dalam hal luas areal yang terbakar, dengan angka 2.094.955 hektar terbakar.

Baca juga : Mulai Besok, Gubernur Papua Tutup Akses Orang Sementara

"Gila. Kami bahkan belum memasuki musim kebakaran Oktober dan November. Tapi, rekornya sudah pecah," kata Kapten Pemadam Kebakaran, Richard Cordova kepada CNN. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.