Dark/Light Mode

Gelontorkan Dana Bantuan Kota

May Dituding Oposisi Tebar Suap Demi Brexit

Selasa, 5 Maret 2019 12:23 WIB
Perdana Menteri Theresa May beramah-tamah dengan warga ddi Salisbury, Wiltshire, Inggris. (Foto Sky News)
Perdana Menteri Theresa May beramah-tamah dengan warga ddi Salisbury, Wiltshire, Inggris. (Foto Sky News)

RM.id  Rakyat Merdeka - Upaya Perdana Menteri Inggris Theresa May untuk memuluskan proses keluarnya Inggris dari Uni Eropa (Brexit) terus berjalan. May gelontorkan dana bantuan bagi kota-kota di Inggris Raya yang men- dukung Brexit. Dana sebesar 1,6 miliar poundsterling atau sekitar Rp 29 triliun ini akan dipakai untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di kota pendukung Brexit, pasca Brexit. Tawaran ini khususnya kepada kota- kota yang berada di utara Inggris. Dana bernama “Dana Penguatan Kota” ini merupakan upaya May mendapatkan dukungan dari politisi oposisi, yang kebanyakan mewakili wilayah di utara Inggris.

Selama ini, rancangan kebijakan May untuk Brexit terus tersandung restu politisi oposisi. Dengan makin dekatnya tenggat waktu, yang jatuh pada akhir Mei, May harus mengeluarkan segala upaya untuk membujuk para politisi oposisi. Setelah penolakan dari parlemen Inggris pada Januari lalu, May kini tengah mempersiapkan rancangan kebijakan dan program Brexit baru yang akan dia sajikan kepada parlemen pekan depan. Untuk memperbesar kesempatan rancangannya diterima pihak oposisi, May menawarkan dana bantuan. Pemerintah mengatakan, dana tersebut akan ditargetkan di tempat- tempat yang belum merasakan pemerataan kesejahteraan dan akan digunakan untuk menciptakan lapangan kerja baru, melakukan pelatihan untuk penduduk, serta meningkatkan kegiatan ekonomi.

Baca juga : Koperasi Dituntut Terapkan Teknologi Digital Demi Milenial

“Masyarakat di seluruh negeri memilih Brexit sebagai ungkapan keinginan mereka untuk melihat perubahan; itu harus menjadi perubahan menjadi lebih baik, dengan lebih banyak peluang dan kontrol yang lebih besar,” kata May, dikutip Reuters, kemarin.

“Kota-kota ini memiliki warisan gemilang, potensi besar dan, dengan bantuan yang tepat, masa depan yang cerah menyongsong mereka,” lanjutnya.

Baca juga : Mensos Temui Korban Longsor Cisolok, Sukabumi

Juru bicara keuangan Partai Buruh John McDonnell mengatakan, dana tersebut sebagai suap untuk Brexit. “Dana tersebut suap untuk Anggota Parlemen agar memilih kesepakatan Brexit yang merusak,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Sebanyak 1 miliar poundsterling telah dialokasikan khususnya ke kota-kota di utara Inggris. Se- lanjutnya, 600 juta poundsterling akan tersedia bagi masyarakat di seluruh negeri.[DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.