Dewan Pers

Dark/Light Mode

Mulai 4 Oktober, Saudi Buka Kembali Umroh Secara Bertahap

Rabu, 23 September 2020 12:03 WIB
Mulai 4 Oktober, Saudi Buka Kembali Umroh Secara Bertahap

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Arab Saudi berencana membuka kembali kegiatan umroh, setelah ibadah tersebut disetop sementara pada 5 Maret 2020.

Seperti dilansir Saudi Press Agency pada Selasa (22/9), pembukaan ibadah umroh tersebut akan dijalankan secara bertahap. Dengan berbagai batasan dan protokol kesehatan yang ketat.

Berita Terkait : Mulai Sore Ini, 5 Ruas Jalan di Bandung Akan Ditutup 3 Kali Sehari

Untuk tahap pertama yang akan dibuka pada 17 Safar 1442 H atau 4 Oktober mendatang, ibadah umroh hanya diperbolehkan bagi warga negara dan ekspatriat yang berada di wilayah Kerajaan Arab Saudi.

Jumlahnya tidak boleh melebihi 30 persen dari kapasitas normal, atau hanya 6 ribu jamaah per hari. Protokol kesehatan yang ketat juga akan diberlakukan di Masjidil Haram.

Berita Terkait : Situasi Genting, Anies Tarik Rem Darurat

Dalam tahap kedua yang akan diselenggarakan pada 1 Rabiul awal 1442 H atau 18 Oktober 2020, ibadah umroh masih dikhususkan untuk warga negara dan ekspatriat di Arab Saudi. Hanya saja, kapasitasnya ditambah menjadi 15 ribu jamaah umroh per hari dan 40 ribu jamaah shalat per hari dengan mengikuti protokol kesehatan di Masjidil Haram. Serta 75 persen dari kapasitas untuk Raudhah di Masjid Nabawi.

Jamaah dari luar negeri baru diizinkan untuk melakukan umroh  pada tahap ketiga, yang rencananya akan dibuka pada 1 November mendatang. Dengan kapasitas penuh 20 ribu jamaah umroh dan 60 ribu jamaah shalat per hari. Peningkatan kapasitas akan dilanjutkan, melihat situasi dan kondisi.

Berita Terkait : Simulasi Piala Uber, Ruselli Cs Seruduk Harimau 3-2

Dalam hal ini, pemerintah Saudi juga akan membuat skala prioritas negara-negara yang diperkenankan mengirim jamaah umroh. Dimulai dari yang paling minim risiko Covid.
 Selanjutnya