Dark/Light Mode

Hubungi Retno, Menlu Palestina Kabarkan Rekonsiliasi Hamas-Fatah

Kamis, 1 Oktober 2020 07:10 WIB
Menteri Luar Negeri Palestina Riad Maliki. (Foto TRT)
Menteri Luar Negeri Palestina Riad Maliki. (Foto TRT)

RM.id  Rakyat Merdeka - Membaiknya hubungan dua faksi besar di Palestina, Fatah dan Hamas, merupakan hal yang menggembirakan. Menteri Luar Negeri Palestina Riad Maliki mengabarkan telah terjadi rekonsiliasi dengan kelompo tersebut, saat melakukan komunikasi secara virtual dengan Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi.

Maliki dan Retno melakukan komunikasi virtual pada Selasa (29/9/2020). Pada kesempatan tersebut, Maliki menjelaskan kedua faksi juga terus melakukan pembicaraan mengenai pelaksanaan pemilu. Rencananya, pesta demokrasi itu akan digelar enam bulan ke depan.

Baca juga : Riset ITB, Menristek Siapkan Mitigasi Bencana Di Pulau Jawa

"Saya menekankan mengenai posisi Indonesia yang akan terus memberikan dukungan bagi perjuangan Palestina," ujar Retno, saat konferensi pers virtual pada Rabu (30/9).

Retno juga menyatakan dukungan kepada Palestina juga disampaikan Presiden Indonesia Joko idodo saat menyampaikan pidato nasional di Pertemuan Sidang Umum PBB. Selain dukungan politik, Indonesia telah memberikan dukungan keuangan dan pembangunan kapasitas bagi Palestina.

Baca juga : Kunjungi Prodia, Bamsoet Dorong Pemerintah Tetapkan Standar Harga PCR Test

"Masa depan Palestina menjadi semakin tidak mudah dan penuh dengan tantangan tanpa dukungan dunia internasional yang kokoh, dikhawatirkan hak politik Palestina akan terabaikan," kata Retno.

Pemilu terakhir kali diadakan pada 2006. Ini akan menjadi kegiatan yang penting tetapi baru bagi banyak orang Palestina. Dua partai politik utama Palestina itu mengumumkan kesepakatan setelah pertemuan mereka di Kedutaan Besar Palestina di Istanbu, Turki pada 24 September lalu.[MEL

Baca juga : Gandeng BNPT dan BPIP, Mendes Luncurkan Desa Damai

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.