Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pojok Indonesia Pertama Di Iran

Minggu, 10 Maret 2019 08:52 WIB
Duta Besar Octavino Alimudin (kanan) menggunting pita meresmikan berdirinya Indonesian Corner, di Iran. (Foto KBRI Teheran)
Duta Besar Octavino Alimudin (kanan) menggunting pita meresmikan berdirinya Indonesian Corner, di Iran. (Foto KBRI Teheran)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) bekerjasama dengan Universitas Ferdowsi, Mashhad, Iran, membuka pusat pelayanan informasi soal Indonesia. Disebut Indonesian Corner atau Pojok Indonesia.

Dikutip dalam siaran persnya kepada Rakyat Merdeka, Pojok Indonesia di Kampus Ferdowsi adalah yang pertama di Negeri Mullah itu. "Pendirian Pojok Indonesia merupakan salah satu implementasi bentuk kerjasama pendidikan sekaligus promosi budaya Indonesia kepada masyarakat Iran khususnya generasi muda," kata Duta Besar Indonesia untuk Iran merangkap Turkmenistan Octavino Alimudin pada peresmian sekaligus pembukaan Pojok Indonesi, Kamis (7 Maret 2019).

Baca juga : AP I Sediakan Gerai Khusus UMKM Di NYIA

"Indonesian corner tidak hanya milik Universitas Ferdowsi namun juga milik bersama dan terbuka untuk publik yang ingin memperoleh informasi terkait Indonesia," tambahnya.

Pengelolaannya tidak terbatas oleh mahasiswa Indonesia yang sedang belajar di Ferdowsi, tapi juga mahasiswa Indonesia yang berada di kota Mashhad akan dilibatkan secara aktif dalam perencanaan dan pelaksanaan program-program Indonesian corner. Mereka diharapkan memiliki tanggung jawab terhadap keberlangsungan Indonesian Corner.

Baca juga : Menpora Apresiasi Peran Alumni UINSA Surabaya

Sebuah diskusi mengenai kerjasama pendidikan RI-Iran mengawali pembukaan Indonesian Corner. Hadir dalam kegiatan tersebut Rektor Universitas Ferdowsi beserta para dekan, pejabat pemerintah Iran yag diwakili para pejabat dari ICRO, Kementerian Budaya dan Bimbingan Islam Provinsi Khoramsar, akademisi, pelajar dan media. Profesor Syafaatun Almirzanah, dosen UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan H. Helmi Hasan, Walikota Bengkulu yang sedang melakukan kunjungan kerja ke Iran, juga turut hadir menyampaikan pemikirannya. Mereka juga menawarkan peluang kerjasama pendidikan baik dengan universitas Ferdowsi maupun dengan pemerintah Iran secara keseluruhan.

Diskusi juga membahas mengenai program-program Indonesian Corner selanjutnya, kerjasama antar universitas baik umum maupun pendidikan Islam. Ada juga penawaran kerjasama pendidikan dengan universitas umum negeri dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan IAIN Bengkulu. Tawaran tersebut memperoleh tanggapan yang sangat baik. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.